Wisuda Sekolah Tinggi Guru Huria: “Pergilah! Berilah Dirimu Melayani.”

Pada Rabu (3/7) telah dilaksanakan Wisuda Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH) HKBP di Seminarium, Sipoholon-Tarutung. Acara wisuda yang dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB ini diawali dengan foto bersama di lapangan STGH dan dilanjutkan dengan persiapan prosesi masuk ke dalam ruangan. Acara ini dihadiri oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, M.A, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Mori P. Sihombing, M.Th, Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Welman Tampubolon, S.Th, Praeses Distrik I Tapsel, Sumbar, Riau Pdt. Sunggul Sirait S.Th, Praeses Distrik II Silindung Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min, – yang juga menjadi pengkhotbah – Praeses Distrik IX Pdt. Martunas Manullang, M.Th, dan beberapa Kepala Biro.

“Pergilah! Berilah dirimu melayani, bukan menjadi bos atau menjadi tuan, melainkan menjadi dullos, ebet (hamba, pelayan). Dedikasi seorang pelayan: berkorban bagi orang lain. Cinta untuk memberi, bukan cinta untuk menerima. Jikalau para wisudawan mengatakan bahwa dirinya cinta kepada HKBP, berarti mengabdikan diri kepada warga jemaat HKBP untuk melayani warga jemaat,” demikian yang diserukan oleh Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min ketika berkhotbah pada acara ibadah untuk mengawali upacara wisuda.  Khotbah yang menyulutkan api semangat melayani para wisudawan ini ditambahkan oleh Ompui Ephorus pada kesempatan memberikan Pidato Bimbingan dan Pengarahan dengan mengatakan bahwa peran guru (red.Guru Huria) mengalami pergeseran fungsional dari teacher-preacher menjadi sekadar mengajar, dan dalam hal mengajar ini pun kurang diperlengkapi selama di tempat penempaan studi selama 3 tahun oleh karena kurangnya fasilitas pendidikan di STGH. HKBP sangat menyadari hal itu, oleh karenanya juga sangat berterimakasih kepada para pengajar/dosen di STGH yang benar-benar telah memberikan tenaga dan pikirannya untuk tetap menjaga stabilitas fungsi guru di tengah-tengah jemaat HKBP melalui pengajaran yang mereka lakukan.

Tiga pimpinan HKBP yang hadir melakukan penyerahan hadiah kepada tiga wisudawan yang berprestasi terbaik dari 36 wisudawan STGH pada saat itu.. Ini sebagai bukti bahwa HKBP turut bangga terhadap prestasi yang telah diraih sejauh ini.

Ada kabar yang menggembirakan lainnya, yang patut mendapat apresiasi setinggi-tingginya oleh karena telah diperolehnya izin Prodi S-1 PAK dari Direktur Jenderal Bimas Kristen Kemenag R.I., yakni Nomor: DJ. III/Kep./HK.005/196/2013, tertanggal 8 Mei 2013. Artinya, kepada lulusannya sudah layak diberikan ijazah S-1 PAK yang diakui Pemerintahan R.I. setelah menyelesaikan 160 SKS. “Selama 2-3 tahun kami belakangan ini STGH melakukan pengusulan izin ke Dirjen Bimas Kristen untuk Prodi S-1 PAK, dan puji Tuhan hal tersebut telah terealisasi,” ujar gembira Direktur/Ketua STGH Pdt. M.S.P. Sitorus, M.Th di sela-sela persiapan sebelum prosesi. (DM/bin2)

Sumber : http://hkbp.or.id/wisuda-sekolah-tinggi-guru-huria-pergilah-berilah-dirimu-melayani/