Seminar Pelatihan Zending HKBP Distrik XXVII KALTIMSEL

Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam rangka Ulang Tahun yang pertama, HKBP Distrik XXVII Kaltimsel menyemarakkan ulang tahunnya dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah Seminar Pelatihan Zending yang bertemakan: “Setiap Orang Percaya Wajib Menjadi Saksi Kristus”. Seminar ini diawali dengan ibadah dan pemberitaan Firman Tuhan dilayani oleh Kepala Biro Zending HKBP, Pdt. C.O.R. Silaban, S.Th.

Ephorus hadir sebagai keynote speaker pada kegiatan seminar Pelatihan Zending, didampingi oleh
Praeses HKBP Distrik XXVII Kaltimsel, Pdt. Banner Siburian, M.Th.

Setelah ibadah, Ephorus HKBP, Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA., tampil sebagai keynote speaker. Dalam hal ini, Ephorus menyoroti tentang peranan orang Kristen dalam tugasnya sebagai saksi Kristus di tengah dunia dengan segala persoalannya. Menurutnya, menjadi saksi Kristus bukan hanya tugas Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw, Diakones, Sintua atau Evangelis; tetapi menjadi tanggung jawab semua orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus. “Hal ini juga tertuang dalam Konfessi HKBP pada pasal 9”, ungkapnya. Itu berarti, menjadi saksi Kritus bukan monopoli para pelayan tahbisan; tetapi setiap warga gereja harus turut ambil bagian menjadi saksi Kristus di dunia ini.

Para peserta mengikuti Seminar Pelatihan Zending ini dengan penuh sukacita.

Lebih lanjut, Ephorus mengingatkan bahwa tujuan bersaksi adalah dalam rangka menghadirkan dan membangun Kerajaan Allah di dunia. “Kita bersaksi bukan untuk mengkristenkan, karena keputusan seseorang menjadi Kristen merupakan pekerjaan Roh Kudus”, tegasnya. Selain itu, kesaksian kita ditujukan bukan hanya kepada manusia tetapi juga kepada segala makhluk. Karenanya, Ephorus mengajak seluruh warga jemaat HKBP, khususnya yang berada di Kalimantan untuk aktif dalam berzending. Bahkan, Ephorus mengajak agar setiap huria, ressort, distrik membuat anggaran khusus untuk berzending.

Seluruh peserta berfoto bersama Ephorus, Ompung Boru, Kadep Marturia dan Inang,
Praeses beserta Inang, dan Kepala Biro Zending HKBP.

Seminar Pelatihan Zending ini dihadiri oleh utusan dari tiap-tiap ressort, meliputi: Dewan Marturia, Seksi Zending dan Guru-guru Sekolah Minggu. Kegiatan ini dilakukan pada 1-2 September 2013 di Hotel Nuansa Indah, Balikpapan.(Pdt. Mangasa Lumbantobing)

Sumber : http://hkbp.or.id/seminar-pelatihan-zending-hkbp-distrik-xxvii-kaltimsel/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *