RETRET MAHASISWA TAPANULI UTARA

Baru-baru ini (31/10-1/11) di Perkampungan Pemuda Jetun Silangit diadakan Retret Mahasiswa Tapanuli Utara yang diselenggarakan oleh Departemen Marturia HKBP melalui Biro Outreach. Kegiatan ini diikuti oleh 24 mahasiswa/i yang berasal dari kampus UNITA (Universitas Tapanuli) dan kampus STAKPN (Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri) Tarutung. Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan, yakni:

  1. meningkatkan kebersamaan mahasiswa/i agar semakin nyata dalam persekutuan kasih,
  2. mengarahkan mahasiswa/i semakin aktif melakukan misi (bersaksi, bermarturia) di berbagai persekutuan,
  3. membentuk mahasiswa/i agar memiliki komitmen dalam pelayanan gerejawi dan masyarakat melalui pengembangan kepribadian yang lebih bermutu,
  4. meningkatkan pelayanan mahasiswa/i sebagai ‘sahabat Yesus’ yang menjadi berkat di tengah-tengah gereja dan masyarakat.

Pada hari pertama telah dilakukan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Susi Hutabarat, S.Th sebagai liturgis dan Kepala Biro Outreach, Pdt. Sarlen Lumbantobing, M. A., sebagai pengkhotbah. Dalam khotbahnya, Pdt. Sarlen Lumbantobing menekankan bahwa setiap orang adalah istimewa di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, Tuhan peduli dengan persoalan hidup setiap orang (Rom.8: 38-39).

Setelahnya, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Marolop P. Sinaga, M.Th, menyampaikan bimbingan pastoral dan arahan di bawah terang tema “Mahasiswa, Calon Pemimpin Masa Depan” dengan memotivasi para mahasiswa/i supaya mereka sendiri memacu diri untuk mencapai prestasi melalui tekad yang kuat menghadapi tantangan dengan tetap mempertahankan kejujuran.

Pada hari kedua, Cal. Pdt. Hendra Gunawan Simatupang, S.Th membawakan renungan saat teduh dengan menekankan pendalaman makna manusia sebagai makhluk istimewa di hadapan Tuhan (Mzm. 5:4).

Adapun beberapa kesimpulan dan harapan peserta sebagai rencana menindaklanjuti pengembangan pelayanan bagi Biro Outreach, sebagai berikut:

  1. Memperlengkapi mahasiswa melakukan pelayanan kepada anak-anak di luar hari Minggu
  2. Mengadakan pelayanan PA kepada kaum lansia
  3. Menyelenggarakan kebaktian antar kampus
  4. Membentuk pemuda/pelajar se-Tapanuli Utara
  5. Mengadakan natal bersama mahasiswa se-Tapanuli Utara

Kegiatan Retreat Mahasiswa Tapanuli Utara ini ditutup dengan kebaktian yang dipimpin oleh Diak. Aritha Simbolon sebagai liturgis dan Pdt. Sarlen Lumbantobing sebagai pembawa renungan. Kemudian, Pdt. Marolop P. Sinaga menyampaikan arahan dan bimbingan pelepasan peserta retret mahasiwa. Selamat berjuang untuk menjadi pemimpin masa depan ! (Cal.Pdt. Hendra Gunawan Simatupang, S.Th)

 

Sumber : http://hkbp.or.id/retret-mahasiswa-tapanuli-utara/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply