Pimpinan HKBP Sambut Hangat Kedatangan Bishop Rev. William O. Gafkjen beserta Rombongan

Foto bersama di depan rumah dinas Ephorus HKBP

Pearaja, Tarutung

Setelah mengunjungi beberapa lembaga HKBP, Bishop Rev. Dr. William O. Gafkjen dari Indiana-Kentucky Synod – ELCA beserta rombongan mengunjungi Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung (03/12). Mereka mengikuti ibadah pagi bersama di Kapel Kantor Pusat HKBP yang dipimpin oleh Salah satu rombongan Rev. Dr. Bimen Limbong.

Rev. Dr. Bimen Limbong memimpin ibadah pagi di Kapel Kantor Pusat HKBP

Pimpinan HKBP, Ephorus Pdt. W.T.P. Simarmata, M.A., Sekretaris Jenderal Pdt. Mori A.P. Sihombing, M.Th., Kepala Departemen Koinonia Pdt. Welman Tampubolon, S.Th., dan Kepala Departemen Marturia Pdt. Marolop P. Sinaga, M.Th. menyambut hangat kedatangan mereka di Ruang Kerja Ephorus.

Ephorus sedang memberikan keterangan gambar dari slide show

Pertemuan yang hangat ini dibuka oleh pimpinan HKBP dengan memperkenalkan HKBP dengan visi antaranya Pembaharuan, Perdamaian, dan Pemberdayaan. HKBP telah melakukan beberapa kegiatan terkait pada tahun 2013 ini dengan tema tahunan, yaitu Tahun Anak HKBP. Pimpinan HKBP menampilkan beberapa foto melalui tampilan slide show yang dibantu oleh Sekretaris Mitra HKBP Pdt. Merry Simarmata, M.Th. seputar kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, seperti Perayaan Akbar Tahun Anak HKBP di HKBP Simanosor (termasuk tragedi berdarah tiga anak sekolah minggu), Peresmian Gedung PAUD CoYA HKBP di samping HKBP Simanosor, Kabupaten Tapanuli tengah, dan Perayaan Puncak Tahun Anak HKBP di HKBP Dr. IL. Nommensen, Sigumpar.

Bishop W. Gafkjen sedang menunjukkan format program Lutheran Bible kepada Ephorus

Pimpinan HKBP juga menginformasikan bahwasannya tahun depan (2014) HKBP memiliki tema Tahun Remaja/Pemuda. Pimpinan HKBP memberikan ulasan mengenai konteks remaja/pemuda di Indonesia ini. HKBP membangun masa depannya melalui generasi penerus anak-anak dan remaja/pemuda. Ephorus memberikan analisanya bahwa sebagian besar para orang tua di HKBP kurang memiliki buku-buku yang dapat menjadi penambah wawasan anak-anak mereka sehingga hal itu berdampak pada kurangnya pengetahuan anak-anak atas ilmu dan wawasan mereka, apalagi wawasan mengenai ajaran Lutheran. Ada pun beberapa buku, namun itu tidak sesuai dengan cakupan anak-anak. Ini merupakan tantangan besar HKBP. Pada pihak lain, HKBP sudah memberikan kepada setiap orang tua tentang bagaimana mengasuh anak di dalam ajaran kristiani melalui bimbingan pra-nikah yang wajib dilakukan setiap HKBP.

Sekretaris Jenderal HKBP memperlihat-kan benda seperti sebuah vas pemberian dari ELCA di kunjungan yang lalu

Tahun Remaja/Pemuda ini ternyata tidak saja menjadi tema HKBP. Gereja mereka juga mencanangkannya pada tahun 2015. Artinya di antara kedua belah pihak gereja telah bersama-sama memikirkan bahwa tema tersebut penting menjadi perhatian gereja.  Ada beberapa pemberian yang diterima oleh HKBP dari ELCA beberapa waktu yang lalu dan itu diperlihatkan kepada para tamu.

Foto bersama Pimpinan HKBP dengan Bishop beserta rombongan di ruang kerja Ephorus HKBP

Seusai dari Ruang Kerja Ephorus, Bishop beserta rombongan melakukan kunjungan ke setiap ruangan Kantor Pusat HKBP yang dimediasi oleh salah satu rombongan mereka dari ELCA, Rev. Dr. Bimen Limbong sebagai penerjemah. Kemudian, Pimpinan menjamu mereka dengan hormat untuk makan siang bersama di rumah dinas Ephorus HKBP. Dalam kesempatan ini, Ephorus membagikan sebuah buku kepada mereka.

Radio Bonapasogit FM HKBP datang untuk mewawancarai Bishop dan Ephorus melalui Direktur Radio Pdt. Puji H. Aritonang, M.Th. dan Cal. Pdt. Tanti Sinaga, S.Th sebagai reporter. Bishop dan rombongan terlihat senang dengan kelengkapan HKBP di bidang informasi. Kiranya hubungan kekerabatan ini selalu erat di dalam Kristus. (bin2, dm)

Seusai ibadah, Pimpinan HKBP memberikan cindera mata kepada Bishop (yang memakai kalung salib) beserta rombongan

Bishop beserta rombongan melakukan kunjungan ke ruang biro personalia, tampak pada gambar Wakil Ka. Biro Personalia Pdt. Enig Aritonang, M.Th (kanan) dan staf biro personalia Cal. Pdt. Elisabeth Pasaribu, S.Th (kiri)

Ephorus sedang memberikan buku kepada masing-masing tamu

Cal. Pdt. Tanti Sinaga tengah mewawancarai Ephorus dan Bishop

Suasana makan siang di rumah dinas Ephorus HKBP

Sumber : http://hkbp.or.id/pimpinan-hkbp-sambut-hangat-kedatangan-bishop-rev-william-o-gafkjen-beserta-rombongan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *