PIMPINAN HKBP BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA PARA PELAYAN PENUH WAKTU SE-DISTRIK VIII DEBOSKAP

Cinere, (21/12/20013)

 

Bertempat di ruang konsistori HKBP Cinere, Empat orang pimpinan HKBP yakni Ompui Ephorus Pdt. W.T.P. Simarmata, MA, Sekretaris Jenderal Pdt. Mori A.P. Sihombing, MTh, Kepala Departemen Koinonia Pdt. Welman P. Tampubolon, STh dan Kepala Departemen Diakonia Pdt. Drs. Bihelman D.F. Sidabutar, STh, MM memberikan pembekalan kepada seluruh pelayan penuh waktu yang ada di Distrik VIII Deboskap (Depok, Bogor, Sukabumi dan Kalbar).

 

Kepala Departemen Koinonia Pdt. Welman P. Tampubolon sedang menyampaikan pembekalan bersama Ompui Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Diakonia dan Praeses Distrik VIII Deboskap

Suasan Pembekalan Pelayan Penuh Waktu Sedistrik VIII Deboskap

 

Ephorus HKBP menyampaikan bahwa sudah saatnya para pelayan HKBP senantiasa terus menajamkan pelayanannya demi pengembangan terhadap kebutuhan jemaaat. Ephorus juga menyebutkan bahwa “Budaya Unggul” itu penting, karena tuntutan jaman sudah begitu tinggi, maka seluruh pelayan mesti mempersiapkan diri. Sudah sepantasnya juga kita mendirikan koperasi-koperasi untuk mendukung dan membantu jemaat dan masyarakat luas. Mari kita bangun peradaban “Peduli” dengan sebuah aksi “care for others”. Pengembangan dalam seluruh pelayanan sangatlah dibutuhkan saat ini dalam pelayanan, kasih dan konteks sosial ucap Ephorus.

 

Para peserta pembekalan mengikuti dengan serius

Wajah gembira Hadasa Br. Hutabarat (kls V SD)

 

Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Mori A.P. Sihombing, MTh memberikan pembekalan dengan menyampaikan bahwa sudah saatnya para pelayan meningkatkan diri pada Administrasi Gereja. Terutama hal keuangan, Sekjend menghimbau agar semua gereja HKBP menyimpan uangnya di Bank, agar uang tersebut aman, dan tidak atas nama pribadi, melainkan atas nama gereja tersebut. Sekjend juga mengajak agar masing-masing pelayan bisa memanfaatkan IT demi menunjang dan mendukung pelayanannya. Diinformasikan juga oleh Sekjend bahwa dalam waktu dekat seluruh pelayan HKBP akan mendapatkan ID Card, dimana dari ID Card ini dapat diketahui kapan menerima tahbisan, kapan pensiun dll.

 

Kepala Departemen Koinonia HKBP menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan oleh HKBP dalam tahun 2014. Dimana pada tanggal 4 Januari 2014 akan mengadakan Open House dan Lounching Tahun Remaja Pemuda HKBP di Rumah Dinas Ompui Ephorus HKBP, tanggal 5 – 6 Januari 2014 akan mengadakan Konsultasi Pemuda HKBP yang bertempat di Seminarium Sipoholon yang akan dihadiri 2 – 3 orang Pemuda utusan masing-masing distrik.  Kadep. Koinonia juga menginformasikan bahw kegiatan besar yang juga akan berlangsung tahun 2014 adalah Kemah Pemuda Kebangsaan pada tanggal 28 – 30 Maret 2014 yang akan diikuti oleh Pemuda HKBP bersama Pemuda Lintas Agama serta Paskah Raya Pemuda HKBP pada tanggal 25 – 27 April 2014 dan berbagai kegiatan Pemuda lainnya selama tahun 2014. Kadep. Koinonia menyebutkan juga bahwa tahun 2015 merupakan tahun Perempuan HKBP, 2016 adalah Tahun Ama/Lansia yang fokus kepada Keluarga.

 

Oleh Kapala Departemen Diakonia diinformasikan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Pendirian Radio Diakonia HKBP untuk menunjang pelayanan Diakonia HKBP, juga mempersiapkan mobil Internet yang sudah dinikmati berbagai daerah kecil sehingga perkembangan pengetahuan itu juga dapat dirasakan di daerah-daerah kecil. Diinformasikan juga bahwa sekolah SD HKBP Pearaja Tarutung dan TK Pembina HKBP Tarutung sedang dipasang PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan). Kadep. Diakonia juga menyebutkan dibentuknya KMD Bikers, Biro Anak Jalanan dan Pelatihan Kerja serta keberadaan Panti Asuhan Elim yang masih sangat membutuhkan perhatian.

 

Usai menyampaikan pembekalan, tiba-tiba dalam kesempatan ini, seorang anak Sekolah Minggu bernama Hadasa Br. Hutabarat (kls V SD) maju ke depan, di tangannya terdapat 2 amplop, yang ternyata amplop tersebut berisi sejumlah Uang yang langsung ia serahkan kepada Kepala Departemen Diakonia untuk dipersembahkan membantu anak-anak di Panti Asuhan Elim Pematangsiantar. Manurutnya, sumbangan ini dikumpulkan bersama teman-temannya anak-anak Sekolah Minggu di HKBP Suka Tani Jakarta. Tentu saja aksi terpuji Hadasa dan kawan-kawannya mengundang kekaguman dan simpati dari seluruh yang hadir pada pembekalan pelayan HKBP tersebut. Aksi Peduli Hadasa dkk ini patut dicontoh oleh Anak-anak Sekolah Minggu lainnya. Secara spontan juga Pdt. Togar O. Hutabarat, STh menyampaikan kepada pimpinan HKBP bahwa mulai tahun 2014, HKBP Suka Tani Ressort Paulus Depok akan menanggung satu orang anak Panti Asuhan Elim, spontan tepuk tangan darin peserta pembekalan.

 

Dengan wajah ceria Hadasa menyerahkan sumbangan kepada Kadep. Diakonia untuk disampaikan ke Panti Asuhan Elim HKBP

Hadasa juga menyalami Ompui Ephorus dengan penuh rasa bangga

 

Praeses Distrik VIII Deboskap Pdt. Nasser Silalahi, STh memberikan keterangan kepada Timred. Website HKBP bahwa pertemuan Pembekalan ini merupakan rangkaian dari Acara Pentahbisan Pendeta HKBP (22/12) di HKBP Cinere. Di tempat terpisah juga yakni di Kantor CUM HKBP Cinere sedang berlangsung pertemuan Diakonia sedistrik Deboskap yang dipimpin oleh Kadep. Doakonia didampingi Pdt. Junaidi Sitinjak, STh. Sebelumnya tepat pukul 08.00 wib, di HKBP Cinere diadakan Ibadah Pagi yang diadakan untuk para Calon Pendeta beserta keluarga yang dipimpin oleh Pdt. Manaris Simatupang, STh (Pendeta Ressort HKBP Cinere) sebagai Liturgis, Pdt. Janter Tambunan, STh (Kabid. Koinonia Distrik Deboskap) dan Pdt. Nekson Simanjuntak, MTh (Kepala Biro Pembinaan). >>> Biro Informasi HKBP

Sumber : http://hkbp.or.id/pimpinan-hkbp-berikan-pembekalan-kepada-para-pelayan-penuh-waktu-se-distrik-viii-deboskap/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *