PESTA PEMBANGUNAN GEREJA HKBP PINTUBOSI RESSORT SIPOHOLON VI DISTRIK II SILINDUNG

22/9/2013

“Horas…horas…horas…” seruan sukacita yang disampaikan seluruh jemaat HKBP Pintubosi menyambut rombongan Praeses HKBP Distrik II Silindung, Pdt. Kardi Simanjuntak beserta Parhalado HKBP Pintubosi memasuki halaman gereja dengan pengalungan bunga kalung kepada Praeses dan Camat Sipoholon oleh perwakilan dari Naposo. Diawali dengan Ibadah Minggu yang dipimpin oleh Pdt. Berlin Berutu, M.Div sebagai Liturgis dan Praeses HKBP Distrik II Silindung sebagai Pengkhotbah. Di dalam khotbahnya yang tertulis dalam Kisah Para Rasul 4:23-31, Praeses menekankan bahwa tidak ada rasa takut jika ada kesatuan di dalam menjalani kehidupan dan dikatakan penyakit yang paling parah adalah penyakit yang hanya memperhatikan dirinya sendiri, tidak perduli akan apa yang terjadi dengan lingkungan sekitar. Jadi, sangat dibutuhkan kesatuan di dalam suatu kelompok/jemaat.

Diterangkan dalam kata sambutannya, oleh Ketua Panitia Pembangunan, St. Edi Sahata Situmeang menerangkan bahwa sejarah singkat HKBP Pintubosi ini berdiri pada tahun 1912 dengan ukuran 4×6 meter dan berkembang pada tahun 1948 menjadi 7×19 meter. Pada tahun 1980 diadakan Pesta Pembangunan yang pertama yang dihadiri oleh Pdt. O.P.T. Simorangkir (pada saat itru menjabat sebagai Sekjen HKBP). Gereja HKBP Pintubosi pada tahun 2012 merayakan Jubileum 100 tahun dan tahun ini melaksanakan pesta pembangunan. Ketua Panitia tidak lupa mengucapkan terima kasih akan kehadiran seluruh jemaat dan tamu yang hadir pada pesta pembangunan ini dan hari sebelumnya pada “Pesta Hasuhutan” (21/9).

Sebagai tanda sukacita jemaat akan pesta pembangunan ini, panitia juga menyediakan tanda kasih berupa ulos kepada Keturunan St. Situmeang, yang diwakilkan oleh Bapak Tota Situmeang yang telah berjasa di dalam perkembangan gereja HKBP Pintubosi.

Dalam bimbingan dan arahannya, Praeses menekankan bahwa pembangunan fisik gedung Gereja adalah tanggung jawab bersama ruas itu sendiri, jadi sangat diharapkan untuk kerja sama antar anggota jemaat. Praeses juga tidak lupa mengingatkan untuk bersama-sama menyukseskan “Pesta Demokrasi” yang akan diadakan pada tanggal 10 Oktober 2013. Diharapkan kepada setiap jemaat HKBP Pintubosi untuk menggunakan hak pilih yang telah di percayakan kepada setiap penduduk Tapanuli Utara. Hal senada juga diutarakan Camat Sipoholon, Bapak Luhut Simbolon yang juga sebagai perwakilan dari Bupati Tapanuli Utara.

Sebagai wujud satu dalam Tuhan, Pesta Pembangunan ini juga dihadiri oleh gereja-gereja yang ada disekitar, seperti HKI Sandaran, GKPI Nahornop, GKPI Hutabaru, GKPI Situmeang, HKBP Situmeang, HKBP Pansurnapitu. (elisabeth)

Sumber : http://hkbp.or.id/pesta-pembangunan-gereja-hkbp-pintubosi-ressort-sipoholon-vi-distrik-ii-silindung/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *