PESTA PARNINGOTAN JUBILEUM 125 TAHUN HKBP SIMANGAMBAT

Dengan mengambil tema: ”hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat” (1 Petrus 3:9b), HKBP Resort Simangambat Distrik I Tabagsel-Sumbar merayakan pesta Jubileumnya yang ke-125 tahun (04 Agustus 2013). Selama 125 tahun berdirinya Gereja ini, sudah banyak tantangan yang dihadapi warga jemaat baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Pada Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Simangambat di tahun 1988 dihadiri oleh Ompui Ephorus Pdt. Dr. SAE Nababan, LLD dan Sekjen HKBP saat itu Pdt. OPT. Simorangkir, SmTh. Di acara Jubileum tersebut seluruh warga Simangambat diundang untuk turut serta, sehingga terlihat sangat jelas toleransi umat beragama di daerah Simangambat.
Pada perayaan Jubileumnya yang ke-125 tahun yang dipimpin oleh Bapak Kadep Koinonia Pdt. Welman Tampubolon dihadiri oleh Praeses Distrik 1 Tabagsel-Sumbar Pdt. Sunggul Sirait, Pdt. Lagawandar Lumbantobing (Pendeta Resort), para pelayan fulltimer yang ada di Distrik I, juga dihadiri oleh anak rantau yang berasal dari luar kota dan para Pelayan yang pernah melayani di HKBP Simangambat ini. Ibadah Jubileum ini berjalan hikmat dan lancar yang dihadiri oleh warga jemaat HKBP Simangambat yang terdiri dari 7 huria beserta 1 huria sabungan dan juga jemaat tetangga yang ada di sekitar Simangambat.
Dalam khotbahnya yang diambil dari 1 Petrus 3:8-12, Kadep Koinonia berpesan agar jemaat dapat hidup dalam damai dan kebenaran untuk menjadi berkat bagi dunia, dan selalu hidup dalam kasih. Walaupun sekarang ini banyak tantangan yang dihadapi tetapi hendaknyalah umat Tuhan tidak membalaskan yang jahat dengan yang jahat pula, akan tetapi selalu melakukan kebaikan walaupun kita teraniaya oleh karena kita percaya kepada Kristus. Sebab kita umat pilihan Allah kita juga dituntut untuk hidup jauh dari kekerasan baik dalam keluarga juga dalam kehidupan bermasyarakat, karena Tuhan mengajarkan agar kita dapat hidup dalam jalan kebenaran dan kasih.
Ada yang menarik pada pesta perayaan Jubileum HKBP Simangambat ini, di mana masyarakat sekitar yang beragama muslim ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pesta. Mereka tidak sungkan-sungkan membantu dengan cara ikut memasak makanan untuk acara pesta, hal ini sudah langka ditemukan di daerah lain padahal pada saat terlaksananya pesta tersebut umat Muslim ini sedang menjalankan ibadah puasa. Dapat dilihat bahwa di daerah ini toleransi umat beragama masih sangat kuat dan perlu dilestarikan.
Rekapitulasi jemaat HKBP Simangambat saat ini adalah: terdiri dari 43 keluarga, yang dilayani oleh 7 orang Penetua dan 1 orang Pendeta. Semoga Tuhan memberkati seluruh Jemaat HKBP Simangambat khususnya dan Jemaat HKBP yang ada di seluruh penjuru dunia secara umum. Selamat Jubileum 125 tahun HKBP Simangambat. (EN, TT)

Sumber : http://hkbp.or.id/pesta-parningotan-jubileum-125-tahun-hkbp-simangambat/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *