PESTA JUBILEUM 125 TAHUN HKBP TAMPAHAN

Pada hari ini (25/8) HKBP Tampahan Ressort Tampahan melaksanakan pesta Jubileum 125 Tahun. Pesta yang bertepatan dengan Minggu XIII Dung Trinitatis ini dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Midian KH Sirait, M.Th dan pemberita firman adalah Ompui Ephorus, Pdt. W.T.P. Simarmata, MA.

Di dalam khotbahnya, Ephorus mengatakan bahwa gereja ini hadir tidak hanya untuk melakukan pelayanan kepada jemaatnya tetapi juga kepada bangsa dan negara. Hal ini tampak dengan adanya pembangunan pengairan sawah “bondar” untuk masyarakat, disamping membangun komplek perumahan untuk para pelayanNya.

Hari ini merupakan pesta puncak dari tiga hari kegiatan pesta Jubelium (23-25/8). Pada hari pertama (23/8), kegiatan yang dilaksanakan ialah Penanaman 600 pohon “Tampahan Go Green” yang merupakan kerja sama dengan Pemda melalui Dinas Kehutanan Toba Samosir. Teknis pelaksanaan kegiatan tersebut ialah dengan membagi-bagikan bibit pohon kepada anggota jemaat yang ada di 11 Sektor HKBP Tampahan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedua adalah Pesta Hasuhutan, pesta antar huria yang tergabung dalam Ressort Tampahan dan acara ini dipimpin langsung oleh Praeses Distrik XI Toba Hasundutan.

Pada acara Jubileum ini, Ompui Ephorus menandatangani prasasti 125 tahun dan Ompung boru didaulat sebagai penggunting pita dan pemotong kue ulang tahun. Hal ini menandakan rasa sukacita yang besar dari jemaat atas kedatangan Ompui dan Ompung boru yang secara langsung hadir di pesta jubileum. Selain itu, pesta yang diketuai oleh St. Janter Simanjuntak ini mengundang secara khusus, Getrud Caesar cucu dari Misionaris pertama yang memulai pelayanan di Tampahan, Tuanku Friedrich Caesar beserta anaknya Wilhelm Caesar. Sambutan yang hangat dari jemaat membuat Getrud terharu dan pada kesempatan ini ia menyanyikan sebuah lagu dari BE No. 207:1 “Sai tiop ma tanganku”, spontan jemaat yang hadir ikut bernyanyi. Kemudian, Getrud mengeluarkan sebuah cinderamata berupa lilin dan beliau berpesan hendaklah lilin-lilin tersebut dinyalakan ketika HKBP Tampahan melaksanakan suatu peristiwa penting dan ini sebagai tanda akan hubungan yang erat antara HKBP Tampahan dengan keturunan Misionaris Tuanku Friedrich Caesar.

HKBP Tampahan sangat menghargai akan sejarahnya. Hal ini ditandai dengan pemberian cinderamata kepada para pelayan full timer, juga diundang secara khusus untuk hadir dalam acara puncak, yang pernah melayani di gereja tersebut. Adapun yang menghadiri pesta jubileum, selain yang telah disebutkan diatas ialah Ephorus Emeritus, Pdt. Dr. Bonar Napitupulu beserta isteri, Inang Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, Para pelayan dari Kantor Pusat HKBP, anak rantau dari gereja tersebut dan undangan gereja yang ada di Distrik XI Toba Hasundutan. Usia 125 tahun yang diberikan kepada HKBP Tampahan adalah bukti nyata penyertaan Tuhan bagi umatNya yang selalu brharap kepadaNya. Kemuliaan hanya bagi Tuhan. (bin2/dm/ep).

Sumber : http://hkbp.or.id/pesta-jubileum-125-tahun-hkbp-tampahan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *