PARHEHEON REMAJA DAN NAPOSOBULUNG HKBP SE-RESSORT YOGYAKARTA

Remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta tahun ini melaksanakan parheheon. Parheheon ini diikuti oleh seluruh gereja HKBP yang masuk di dalam ressort Yogyakarta, yaitu HKBP Yogyakarta, HKBP Solo, HKBP Magelang, HKBP Persiapan Klaten dan HKBP Pesiapan Boyolali.

Adapun tema parheheon tahun ini adalah “Hiduplah Menurut Roh” (Roma 8: 13-14), dengan subtema tahun ini adalah “Dengan pertolongan Roh Kudus, pemuda Kristen menjalani hidup di dalam damai, kebenaran dan sukacita untuk menyongsong masa depan yang penuh bahagia”.

Tujuan diadakannya parheheon ini ialah untuk mengajak remaja dan naposobulung lebih aktif melayani Tuhan di berbagai kegiatan di gereja dan lingkungan masyarakat dan mempererat tali persatuan dan kerukunan remaja dan naposobulung se-ressort Yogyakarta. Rangkaian kegiatan parheheon ini diadakan di bulan September. Berbagai persiapan dilakukan jauh sebelum rangkaian acara kegiatan dimulai, termasuk pembentukan panitia sudah dimulai pada bulan Februari 2013.

Rangkaian acara parheheon ini meliputi:

1. Retret Remaja dan Naposobulung HKBP Se-ressort Yogyakarta

Retret ini dilaksanakan di Wisma Omah Jawi, Kaliurang, Yogyakarta pada tanggal 6-8 September 2013. Para peserta yang mengikuti retret ini berjumlah 85 orang. Retret ini memiliki tema yaitu “Bangkitlah Generasiku” yang diambil dari kitab Ulangan 28: 13. Tujuan diadakannya retret ini yaitu untuk membentuk remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta menjadi :

–          Pemimpin yang mengikuti Kristus

–          Pribadi yang tidak dianggap remeh

–          Teladan dalam kasih

–          Hidup di dalam kesetiaan

–          Hidup di dalam kesucian

Acara retret ini dibuka oleh Pendeta ressort HKBP Yogyakarta, Pdt. A.A.Z. Sihite, M.Th. yang juga sekaligus membuka seluruh rangkaian acara parheheon ini. Para peserta retret ini juga dibekali pengetahuan lewat kegiatan ceramah mengenai “Bangkitlah Generasiku” yang di sampaikan oleh Pdt. Tuty Z. br. Hutabarat, S.Th. agar para generasi muda bangkit menjadi lebih baik dan memiliki tujuan untuk meraih cita-citanya.

Seluruh panitia ikut berpartisipasi menjaga kelancaran acara ini. Acara retret ini hanya diikuti oleh remaja dan Naposobulung dari HKBP Yogyakarta dan HKBP Persiapan Klaten.

2. Seminar Budaya Batak

Acara seminar ini diadakan tanggal 14 September 2013 bertempat di Sopo Godang HKBP Yogyakarta. Acara ini memiliki tema yang berjudul “Habonaron Do Bona”. Sebelum memulai acara seminar, para peserta seminar terlebih dahulu mengikuti kebaktian pembuka yang dipimpin oleh Pdt. Rafina br. Habeahan, S.Th.

Acara seminar ini terdiri dari 3 sesi yaitu :

  1. “Partuturon” yang disampaikan oleh Bapak Drs. Krismus Purba, M.Hum.
  2. “Pernikahan Adat Batak” yang disampaikan oleh Bapak R. Siagian
  3. “Pandangan Gereja Terhadap Budaya Batak” yang disampaikan oleh Pdt.Dr. Robinson Rajagukguk, MST.,THM.

Para peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 77 orang yang terdiri dari para remaja, naposobulung dan orang tua juga turut ikut menghadiri acara ini. Tujuan diadakan acara ini adalah untuk menambah pengetahuan para remaja dan naposobulung tentang adat dan istiadat budaya batak dan agar memanfaatkan budaya batak untuk melayani Tuhan dan mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri (Mazmur 150).

3. Lomba Olahraga

Lomba olahrahga ini dilaksanakan di GOR Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta pada tanggal 14 September dan 20 September 2013. Lomba olahraga ini terdiri dari lomba futsal, badminton tunggal putra dan badminton ganda putra. Para peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah 84 peserta yang terdiri dari 7 tim futsal, 9 pemuda yang mengikuti lomba badminton tunggal putra dan 10 pasang pemuda yang mengikuti lomba badminton ganda putra. Acara ini diikuti oleh seluruh remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta. Lomba olahraga ini diawali dan ditutup dengan doa oleh Novita Pasaribu sebagai ketua panitia parheheon remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta.

4. Malam Puncak Parheheon Remaja dan Naposobulung HKBP Se-Resort Yogyakarta.

Acara malam puncak parheheon ini diadakan pada tanggal 21 September 2013 bertempat di lapangan gereja HKBP Yogyakarta. Tema acara malam puncak ini adalah “Holong Mangalap Holong”. Acara ini diawali dengan kebaktian pembuka yang dipimpin oleh Pdt. Merry K. br. Pakpahan, S.Th. dan ditutup dengan doa oleh Pdt. A.A.Z. Sihite, M.Th. Setelah acara kebaktian, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia parheheon remaja dan naposobulung HKBP se-resort Yogyakarta Novita Pasaribu, ketua NHKBP Yogyakarta Rogate Sinaga, perwakilan bestur ressort St. M. Marpaung dan Pdt. A.A.Z. Sihite, M.Th.

Acara malam puncak parheheon juga dimeriahkan oleh penampilan opera batak yang berjudul “Si Boru Tumbaga Dohot Si Boru Buntulan, Si Boru Na So Mariboto” yang diperankan oleh naposobulung HKBP Yogyakarta, pertunjukan tari kreasi tortor, Vocal Group Cleonada, persembahan musik batak oleh grup Keluarga Seni Batak Japaris dan persembahan pujian dari panitia parheheon remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta. Acara malam puncak ini dihadiri oleh seluruh jemaat HKBP se-ressort Yogyakarta. Pada saat akhir acara malam puncak, semua jemaat yang hadir turut manortor bersama parhalado dan panitia.

5. Ibadah Puncak Parheheon Remaja dan Naposobulung HKBP Yogyakarta

Ibadah puncak parheheon ini diadakan pada hari Minggu tanggal 22 September 2013 bertempat di Gereja HKBP Yogyakarta. Acara ibadah ini diikuti oleh seluruh jemaat HKBP Yogyakarta. Dalam acara ibadah ini para panitia parheheon ikut mengambil bagian dalam ibadah yaitu sebagai pembawa kantong persembahan. Setelah selesai ibadah dilanjutkan dengan makan siang bersama di Sopo Godang HKBP Yogyakarta.

Harapan setelah selesai acara ini semoga remaja dan naposobulung HKBP se-ressort Yogyakarta lebih aktif melayani Tuhan di berbagai kegiatan di gereja dan lingkungan masyarakat, lebih mencintai HKBP, saling membantu, saling mendoakan, saling menolong dan saling membangun kebersamaan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Amin.

(Novita Pasaribu/dm)

Sumber : http://hkbp.or.id/parheheon-remaja-dan-naposobulung-hkbp-se-ressort-yogyakarta/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *