Ompui Ephorus: Raja Pontas Lumbantobing adalah Sang Pembaharu

IMG_8573

Sekjen HKBP Pdt. Mori AP Sihombing, Pomparan Raja Pontas Lumbantobing Drs. Maju Lumbantobing, dan Ephorus HKBP Pdt. Willem TP Simarmata

Kamis (30/01/2014), merupakan hari yang bersejarah bagi HKBP. HKBP melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Raja Pontas Lumbantobing di areal perumahan dinas pimpinan HKBP. Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan HKBP, Praeses, para anggota Majelis Pekerja Sinode, Staff dan pegawai kantor Pusat HKBP.

Acara ini dibuka dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Colan W Pakpahan MTh (Praeses Distrik XXVIII DKI Jakarta Raya) sebagai liturgis, Pdt Kardi Simanjuntak MMin (Praeses Distrik II Silindung) sebagai Pengkhotbah, dan Pdt Berlin Tamba Mdiv (Praeses Distrik XVI Humbang Habinsaran) sebagai pendoa syafaat. Dalam Khotbahnya, Lukas 21: 31, Pdt Kardi Simanjuntak menekankan bahwa ketika merasakan hari “itu” akan dekat, kita harus semakin bekerja dengan giat. Kehidupan manusia harus hidup di dalam kebijaksanaan dan cerdas agar tidak mudah terjatuh oleh kenikmatan-kenikmatan duniawi. Gereja sudah semestinya menjadi gereja yang paham dan tanggap akan situasi global. Firman Tuhan adalah kekuatan kita untuk mengatasi situasi sosial kita. Gereja yang berdoa menjadi kekuatan adalah untuk melakukan perjuangan Kristus di dalam dunia ini. Gereja yang berkembang adalah gereja yang memperhatikan para pendetanya, para tokoh sejarah, seperti Raja Pontas Lumbantobing, dan saat ini akan dibangun gedung Raja Pontas Lumbantobing.

Salah satu keturunan Raja Pontas Lumbantobing, Drs. Maju Lumbantobing, mewakili seluruh pomparan Raja Pontas mengatakan di dalam kata sambutannya bahwa rencana pembangunan ini membuat hati mereka bergetar. Hal ini dikarenakan sebelumnya dirasakan oleh mereka seperti ada hubungan yang putus antara HKBP dengan pomparan Raja Pontas. “Kami berterimakasih atas rencana pembangunan gedung ini dan dilibatkan di dalam peletakan batu pertama pada saat ini. Bagi saya, ini mujizat karena tidak terpikirkan dari kami akan rencana pembangunan gedung ini. Kami, pomparan Raja Pontas Lumbantobing, akan ikut terlibat di dalam pembangunan gedung ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan acara ini juga, Pemda Tapanuli Utara melalui perwakilannya Bapak Hutagalung memberikan kata sambutan, yang mengatakan bahwa Jikalau kita membangun gedung ini dengan iman, saya yakin gedung ini akan dapat dibangun sesuai dengan waktunya. Pembangunan Gedung Raja Pontas Lumbantobing yang akan dibangun ini memiliki nilai sejarah rohani dan ini sesuai dengan rencana Pemda bahwa Kota Tarutung akan menjadi Kota Wisata Rohani.

Ompui Ephorus Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA di dalam bimbingan dan arahannya mengatakan dengan tegas bahwa Raja Pontas Lumbantobing adalah pembaharu. Ada tiga pilihan pada diri Raja Pontas pada saat itu, pertama, Kedatangan Belanda di Tanah Batak. Kedatangan mereka tersebut ditandai dengan penjajahan sehingga Raja Pontas tidak memilih untuk mengikuti tawaran mereka. Kedua, Sisingamangaraja. Bagi Raja Pontas, pilihan tidak kepada Sisingamangaraja. Dan Ketiga, I.L. Nommensen, bagi Raja Pontas kehadiran IL Nommensen membawa pengaruh yang baik bagi masyarakat. Oleh karena itu, Raja Pontas memutuskan untuk mengikut jejak IL Nommensen. Dalam kerangka inilah Raja Pontas mau menerima Yesus sebagai Juruselamatnya.

Ompui Ephorus juga menekankan di dalam kesatuan kepemimpinan HKBP saat ini masih bisa banyak yang dikerjakan. Kesatuan ini akan menjadikan HKBP semakin lebih maju ke depan. Selain itu, Ompui berterimakasih kepada rombongan pomparan Raja Pontas Lumbantobing yang telah hadir pada acara ini. “Memang barangkali harus pada saat kami berlima, ke 28 Praeses ini, dan saat dengan seluruh anggota MPS ini dan seluruh kita yang hadir dan beberapa orang-orang yang mendukung pembangunan gedung ini, yang akhirnya baru bisa memperbaiki hubungan kita ini,” (sambil melirik ke arah pomparan Raja Pontas Lumbantobing) tegas Ephorus. Sontak mengundang tepuk tangan riuh dari para hadirin di acara tersebut.

Biro Informasi HKBP

IMG_8581

IMG_8602

IMG_8614

IMG_8618

IMG_8623

IMG_8628

IMG_8631

IMG_8635

IMG_8640

IMG_8645

IMG_8654

IMG_8655

IMG_8658

IMG_8674

IMG_8692

IMG_8702

IMG_8737

IMG_8758

IMG_8766

Sumber : http://hkbp.or.id/ompui-ephorus-raja-pontas-lumbantobing-adalah-sang-pembaharu/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply