Ompui Ephorus HKBP: “jadilah orang merdeka” (Kotbah pada acara Peletakan Batu Alas HKBP Maranatha)

HKBP Maranatha Payung Sekaki melaksanakan acara Peletakan Batu Alas (Mameakhon Batu Ojahan) yang dipimpin oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA pada Minggu, 18 Agustus 2013. Acara ini sekaligus juga dengan Pesta Pembangunan yang diadakan setelah ibadah minggu.
 
Gereja HKBP Maranatha Payung Sekaki merupakan pagaran dari HKBP Ressort Sukajadi Distrik XXII Riau. Kini HKBP Maranatha Payung Sekaki sedang bergiat untuk usaha perampungan pembangunan Gereja dan Rumah dinas Pimpinan Jemaat. Disamping itu mereka juga bergiat untuk mendirikan Pos Pelayanan. Terlihat antusias jemaat yang hadir dalam acara tersebut sebagai bentuk perhatian mereka dalam usaha tersebut.
 
Ompui Ephorus HKBP disambut dengan baik oleh jemaat, dan jemaat sendiri sangat bersyukur atas kehadiran Ompui Ephorus HKBP yang sudah dinanti nantikan oleh jemaat disana. Tema acara diambil dari Nats Kotbah Minggu, yaitu Yohanes 8:36. Dalam Kotbahnya, Ompui Ephorus mengatakan bahwa HKBP patut mensyukuri kemerdekaan RI, karena HKBP turut serta dalam usaha kemerdekaan tersebut bahkan sekarang jemaat HKBP juga turut serta dalam memberikan sumbangsih kepada Bangsa Indonesia. Lebih lanjut, setiap jemaat sebagai Warga Negara Indonesia yang mensyukuri kemeredekaan adalah Warga Negara yang bertanggung jawab sebagai mana warga yang lain. Jemaat harus terpanggil untuk pembangunan Bangsa, taat kepada Undang Undang, membayar pajak serta mendoakan pemerintah untuk bekerja dengan adil dan jujur.
 
Ephorus mengatakan, bahwa kita diibaratkan sedang berlayar dengan teman yang lain dalam satu perahu, sehingga tidak baik jika kita merusaki perahu yang kita tompangi sendiri bersama dengan orang lain. Untuk itu, menjadi orang Kristen yang merdeka haruslah merdeka dari benci, dendam, amarah, prilaku kegelapan dan semua yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Orang Kristen yang merdeka bukanlah hanya sebagai slogan saja, oleh karena itu menjadi Kristen harus menyatakan sikap dan prilaku yang nyata dalam hidupnya.
 
Dalam kesempatan ini, Ompui Ephorus melakukan penanaman pohon di halaman depan Gereja bersama dengan Praeses HKBP Distrik XXII Riau. Ini merupakan tindakan nyata dari HKBP dalam menjaga alam sehingga dapat diwariskan dengan baik kepada generasi berikut. Turut mendampingi Ephorus dalam acara ini Pdt Tomson Sinaga (Ka Biro Jemaat HKBP), Pdt Sarlen Lumbantobing (Ka Biro Outreach HKBP) dan CPdt Jimmy M Tambunan. (JMT)

 

Sumber : http://hkbp.or.id/ompui-ephorus-hkbp-jadilah-orang-merdeka-kotbah-pada-acara-peletakan-batu-alas-hkbp-maranatha/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *