Malam Dana Tanggap Bencana (TABE) Huria Kristen Batak Protestan

 

Jakarta

Tanggap Bencana (TABE) HKBP mungkin masih sesuatu yang asing bagi sebagian besar warga jemaat HKBP. Tentu kita tidak heran karena badan ini masih relatif muda, yakni berusia enam bulan sejak pengurusnya dilantik pada 20 Juni 2013 di HKBP Sutoyo. Meskipun demikian, TABE telah berbuat banyak dalam kegiatan kemanusiaan dengan membawa nama HKBP. Untuk menopang berbagai kegiatan kemanusiaan yang masih akan dilakukan, maka TABE HKBP melakukan Malam Dana pada hari Jumat 29 November 2013 di Menara Peninsula Hotel, Jakarta. Kegiatan ini diawali ibadah dengan Liturgis, Pdt. Kotler Siagian, S.Th (Kabid. Diakonia HKBP Dist. XXVIII DKI Jakarta); Pengkhotbah, Pdt. Colan W.Z. Pakpahan, M.Th (Praeses HKBP Dist. XXVIII DKI Jakarta) dan Doa Syafaat, Pdt. Manarias Sinaga, M.Th (Praeses HKBP Dist. XIX Bekasi).

Ephorus menyampaikan Bimbingan Pastoral pada acara Malam Dana TABE HKBP

Dalam khotbahnya yang diambil dari Kitab Pengkhotbah 11:1 – Pdt. Colan Pakpahan mengungkapkan bahwa hidup manusia selalu berada dalam ancaman/bahaya. Dalam keadaan tersebut, kepedulian terhadap sesama yang mengalami ancaman perlu mendapat perhatian yang serius. Karena itu, kehadiran TABE HKBP merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut. Sementara itu, Ketua TABE HKBP, St. Bachtiar Marbun mengungkapkan berbagai kegiatan sosial yang telah dilakukan TABE bagi mereka yang membutuhkan, baik di dalam maupun luar negeri, meliputi: membantu korban banjir di DKI Jakarta, membantu para pengungsi akibat meletusnya gunung Sinabung, membantu korban topan Hainan di Filipina.

 Kegiatan Malam Dana Tabe HKBP dimulai dengan ibadah.

Pengurus TABE HKBP menyanyikan Mars Tabe HKBP.

Direktur Tanggap Darurat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Junjungan Tambunan sangat mengapresiasi berdirinya TABE HKBP. Beliau mengungkapkan bahwa berdasarkan pengalaman di lapangan, kehadiran HKBP sangat dirasakan dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, baik secara kelembagaan maupun pada aras jemaat. Karena itu, BNPB akan bekerjasama dengan TABE HKBP dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Menyambut kerjasama yang ditawarkan BNPB tersebut, Ephorus HKBP, Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA dalam bimbingan pastoralnya mengungkapkan bahwa perlu dijalin koordinasi antara BNPB dengan TABE HKBP. Pada kesempatan itu, berulang kali Ephorus mengungkapkan rasa bangganya terhadap kegiatan kemanusiaan yang telah dijalankan TABE. “TABE HKBP telah berhasil menterjemahkan visi HKBP menjadi berkat bagi dunia” demikian diungkapkan Ephorus dengan rasa bangga. Bahkan, Ephorus mengungkapkan “TABE telah mendunia melalui kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan.” Selain itu, Ephorus juga mengingatkan bahwa para pengungsi akibat meletusnya gunung Sinabung masih membutuhkan uluran tangan kita. Uluran tangan tersebut ditujukan kepada segala yang bernafas, tanpa membeda-bedakan agama, suku, ras, dll. “Marilah menopang TABE HKBP semampu kita terus-menerus” ungkap Ephorus mengajak seluruh warga jemaat HKBP yang hadir pada saat itu.

Ephorus berfoto dengan tokoh-tokoh yang hadir pada Malam Dana Tabe HKBP.

 

Ephorus berfoto dengan pengurus Tabe HKBP.

Kegiatan Malam Dana ini didukung pula oleh Paduan Suara Ekklesia HKBP Petojo, Paduan Suara Apostel HKBP Sudirman Jakarta, Arbab dan artis-arti Batak seperti: Rita Butarbutar, Vanda Hutagalung, dll. Tidak ketinggalan, Ephorus HKBP turut menghibur seluruh yang hadir dengan menyanyikan beberapa lagu andalannya untuk dilelang. Seluruh warga jemaat, pendeta, bahkan keempat distrik HKBP se-Jabodetabek dan huria-huria turut memberi dukungannya bagi pelayanan kemanusiaan yang akan dilakukan TABE HKBP. Hadir pula pada kesempatan itu, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, Ketua Yayasan Universitas HKBP Nommensen.

Logo TABE HKBP

Mari kita dukung pelayanan TABE HKBP. Dukungan dapat disampaikan melalui transfer ke nomor rekening Bank Mandiri nomor 122-00-0624674-1 atas nama: Badan TABE HKBP. Maju terus Tanggap Bencana HKBP!(Pdt. Mangasa Lumbantobing)

 

Sumber : http://hkbp.or.id/malam-dana-tanggap-bencana-tabe-huria-kristen-batak-protestan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *