LOMBA KHOTBAH BERBAHASA INGGRIS TINGKAT SMP, SMA, MAHASISWA, REMAJA/PEMUDA DISTRIK II SILINDUNG

“Akhirnya aku bisa mempraktekkan apa yang selama ini aku pelajari,” kata salah satu peserta lomba khotbah berbahasa Inggris ini setelah berkhotbah di depan para peserta lainnya. Kegiatan ini (2/8) merupakan salah satu bentuk program Distrik II Silindung melalui Badan Pengurus Mitra (BPM). Antusiasme para peserta terlihat begitu tinggi menyambut lomba ini ketika mereka selalu bertepuk tangan riuh di setiap peserta memulai dan mengakhiri khotbahnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB di HKBP Tarutung Kota ini, dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta Ressort HKBP Tarutung Kota, Pdt. Manapar Panjaitan, S.Th. Satu hal yang menarik dalam kegiatan ini ialah peserta bukan hanya berasal dari kalangan jemaat tetapi juga dari sekolah-sekolah yang ada di Distrik II Silindung. Hal ini menandakan Distrik II Silindung selalu merangkul warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Selain itu, teknis yang digunakan dalam lomba ini begitu menantang peserta untuk benar-benar mempersiapkan baik mental (khotbah tanpa membawa teks), maupun materi khotbah yang akan disampaikan.

Kegiatan yang diikuti oleh 51 orang peserta (18 orang siswa SMP, 26 orang SMA, dan 7 orang Mahasiswa) ini mendapat respon positif dari orangtua. Hal ini terlihat dari kehadiran beberapa mereka untuk menyaksikan secara langsung anak-anaknya berkhotbah dalam bahasa Inggris. Selain itu, guru-guru pun mau meluangkan waktunya untuk melihat dan memberikan semangat pada anak didiknya.

“Saya sangat mengapresiasi para peserta yang mau mengikuti lomba ini karena inilah potret pemimpin gereja 10-20 tahun ke depan” tukas salah satu juri dalam lomba ini, Drs. Nelson Siahaan, MM. Hal senada juga diungkapkan oleh dua juri lainnya, Pdt. Hendri Napitupulu, M.Th dan C.Pdt. Hendrik Simanjuntak, S.Si (Teol) yang mengatakan bahwa para peserta memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan isi khotbah.

Sebelum kegiatan ini diakhiri pada pukul 20.30 WIB diumumkan beberapa pemenang di perlombaan tersebut. Praeses HKBP Distrik II Silindung, Pdt. Kardi Simanjuntak, M.Min dalam memberikan arahan dan bimbingannya mengundang para pemenang untuk hadir di Kantor Distrik (9/8) karena pemberian hadiah akan langsung diberikan oleh Ketua Partnership Koln Sud dari Jerman. Praeses HKBP Distrik II Silindung mengatakan dalam harapannya bahwa kegiatan semacam ini akan terus diadakan secara rutin tiap tahunnya demi menggali potensi-potensi yang ada pada para penerus bangsa, terutama gereja. Praeses juga memberikan semangat kepada para peserta lainnya untuk tetap terus belajar karena inti dari perlombaan ini bukan menang atau kalah, tetapi berintikan pada nilai pembelajarannya.

Pada kegiatan lomba ini selain Praeses beserta inang, juga hadir ketua BPM, Drs. Martogi Sitorus, MPd yang membuka kegiatan ini setelah khotbah di awal acara, dan beberapa pelayan yang ada di Distrik II Silindung. (DM/EP)

Sumber : http://hkbp.or.id/lomba-khotbah-berbahasa-inggris-tingkat-smp-sma-mahasiswa-remajapemuda-distrik-ii-silindung/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *