Jurnal Harian per 16 Oktober 2013 Ceramah Tema: HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia (Lih. Kejadian 12: 2)

Jurnal Harian per 16 Oktober 2013

 

Ceramah Tema: HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia

(Lih. Kejadian 12: 2)

oleh Pdt. Dr. Jontor Situmorang (Ketua STT Abdi Sabda, Medan)

  1. Pdt. J. Situmorang berangkat dari sebuah pertanyaan: berkat apa saja yang sudah dibagikan oleh HKBP di tengah-tengah dunia ini? Jawaban bagi pertanyaan semacam ini perlu diperdalam melalui dua sudut pandang, yaitu sudut pandang orang dalam (kalangan internal HKBP) dan sudut pandang orang luar (kalangan non-HKBP). Pendalaman jawaban ini tidak dapat dipisahkan dari tinjauan Alkitabiah karena tema yang diangkat ini diambil dari Kejadian 12: 2: “Aku akan membuat Engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.”
  2. Nama Abram berubah menjadi Abraham bukan asal pergantian nama tanpa arti apa-apa. Pergantian nama itu dalam rangka rencana Tuhan untuk menjadikan Abram menjadi bapa sejumlah besar bangsa. Janji ini dijadikan teladan iman di dalam setiap kehidupan orang percaya.
  3. Bagaimana dengan HKBP yang menerima berkat dari Allah untuk dunia? Secara keberadaannya sebagai gereja di tengah warga jemaatnya, HKBP telah menjadi berkat baik itu melalui bidang kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Akan tetapi, bagaimana dengan warga masyarakat lainnya secara lokal, regional, dan global? Dan apakah HKBP juga telah mengambil peran dan bagian bagi masyarakat internasional dalam penanganan masalah-masalah global? Salah satu permasalahan global yang sangat serius mengancam kehidupan dunia adalah pemanasan global (global warming)
  4. HKBP dapat mengambil peranan berkatnya melalui upaya perubahan pola pikir atau paradigma masyarakat. Dengan nama ‘besar’ yang dimiliki HKBP ini telah mampu memberikan pengaruh terhadap keputusan-keputusan dan kebijakan pemerintahan untuk ke arah yang lebih baik.
  5. Ketika HKBP dan segenap warga jemaatnya tidak ikut-ikutan melakukan tindakan KORUPSI, hal itu sudah menjadi berkat bagi kehidupan bangsa ini.

Sumber : http://hkbp.or.id/jurnal-harian-per-16-oktober-2013-ceramah-tema-hkbp-menjadi-berkat-bagi-dunia-lih-kejadian-12-2/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply