Jubileum 50 tahun HKBP Slipi

 

Jakarta

Pada Ibadah Minggu XXII Setelah Trinitatis, warga jemaat HKBP Slipi dengan penuh sukacita merayakan Jubileum HKBP Slipi ke-50 tahun. Ibadah ini dihadiri oleh Ephorus HKBP, Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA. sebagai pengkhotbah dan Praeses HKBP Dist. XXVIII DKI Jakarta sebagai Liturgis. Seluruh kegiatan, baik Ibadah maupun Pesta Perayaan Jubileum dilakukan di  Ruma Gorga Mangampu Tua 1, Jakarta Barat. Sebelum Ibadah dimulai, kegiatan diawali dengan penanaman pohon dan pelepasan burung merpati yang dilakukan oleh Ephorus, Praeses HKBP Dist. XXVIII DKI, Pendeta HKBP Ressort Slipi, Pdt. Charles Tambunan, S.Th., Ketua Panitia, Bapak Londam Lumbantobing dan Bapak Rusman Sagala mewakili Pemerintah Daerah Provinsi DKI. Setelah itu, Ephorus menandatangani prasasti Jubileum 50 tahun HKBP Slipi dan dilanjutkan dengan ibadah bersama.

Ephorus melakukan penanaman pohon

 

Ephorus, Ompung Boru, dan Ketua Panitia berfoto bersama
Anak Sekolah Minggu yang memberikan bunga

 

Ephorus menandatangani prasasti Jubileum 50 tahun HKBP Slipi

Dalam khotbahnya yang diambil dari Kitab Injil menurut Matius 20:20-28, Ephorus menegaskan bahwa seringkali manusia lebih mementingkan POSISI daripada FUNGSI. Untuk sebuah POSISI, manusia berjuang untuk mendapatkannya bahkan tidak jarang menghalalkan segala cara. Sebaliknya, untuk sebuah FUNGSI, manusia seringkali melupakan bahkan mengabaikannya. Berdasarkan Firman Tuhan, kita melihat bahwa ternyata POSISI ditentukan oleh FUNGSI. Yesus secara tegas mengatakan bahwa untuk menjadi terkemuka, maka seseorang harus menjadi hamba – seorang hamba yang menjalankan FUNGSI melayani. Demikian juga dalam kehidupan jemaat HKBP Slipi, Ephorus mengajak agar moment Jubelium ke-50 tahun semakin mendorong warga jemaat untuk berfungsi menjadi berkat di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan bangsa.

Ephorus berkhotbah pada Ibadah Minggu, perayaan Jubileum 50 tahun HKBP Slipi

Setelah Ibadah, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemotongan Kue Perayaan Jubileum yang dilakukan oleh Ompung Boru, Boru Purba. Kemudian kue tersebut dibagikan kepada perwakilan jemaat, seksi-seksi, parhalado, pendeta dan panitia. Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Jubileum, Bapak Londam Lumbantobing mengungkapkan rasa sukacita yang luar biasa karena kegiatan ini dapat berlangsung dan berharap monumen Jubileum 50 tahun HKBP Slipi dapat terwujud, yakni: membangun rumah untuk tempat tinggal pendeta. Sementara itu, St. L.H. Simanjuntak sebagai perwakilan jemaat mengajak seluruh warga jemaat untuk tetap menjaga kesatuan dalam kehidupan berjemaat dan meningkatkan program-program pelayanan yang menyentuh kehidupan masyarakat.

Ompung Boru melakukan pemotongan kue Jubileum 50 tahun HKBP Slipi

 

Ephorus memberikan potongan kue kepada salah seorang Anak Sekolah Minggu

 

Ompung Boru mangolopolopi Anak Sekolah Minggu yang manortor

Sebagai perwakilan Pemda DKI Jakarta, Bapak Rusman Sagala menyambut baik program pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan HKBP. Melalui program penghijauan, diharapkan kualitas lingkungan di DKI Jakarta akan semakin baik. Karena itu, dalam upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan HKBP di daerah DKI Jakarta, maka pemerintah daerah Khusus Ibu Kota Jakarta akan menyediakan bibit-bibit pohon. Dalam bimbingan pastoralnya, Ephorus HKBP menyambut baik atas peran warga jemaat HKBP terhadap pembangunan kota Jakarta. Menurutnya, hal ini sebagai wujud nyata kehadiran HKBP sebagai berkat dalam kehidupan bersama. Secara khusus, Ephorus mengajak seluruh warga jemaat HKBP untuk menjaga sampahnya sehingga kota Jakarta menjadi bersih dan masyarakat hidup dengan sejahtera. Ephorus juga menyampaikan berbagai program penghijauan yang telah dilakukan dan masih akan dilakukan HKBP, misalnya: peresmian pusat pembibitan pohon pada 9 Desember di Dist. Toba yang akan dihadiri ribuan Pemuda HKBP, penanaman ratusan ribu pohon mangga di Dist. Samosir, bahkan keseriusan terhadap pelestarian lingkungan sungguh-sungguh terlihat dengan hadirnya Komisi Pelayanan Strategis yang memberi perhatian pada bidang Pariwisata, Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Ekonomi masyarakat desa.

Ephorus, Ompung Boru, Praeses HKBP Dist. DKI Jakarta beserta Inang, berfoto bersama dengan Parhalado HKBP Slipi

Ephorus, Ompung Boru, Praeses HKBP Dist. DKI Jakarta beserta Inang,
Berfoto bersama dengan seluruh Panitia Jubileum 50 tahun HKBP Slipi

 Sebagaimana diketahui, HKBP Slipi ini berdiri sejak 6 Oktober 1963. Awalnya, gereja ini merupakan pagaran dari HKBP Kernolong dan HKBP Petojo. Pesta Jubileum ini dihadiri juga oleh pendeta-pendeta yang pernah melayani di gereja tersebut dan sintua-sintua yang sudah pensiun dari gereja ini. Hadir juga dalam kegiatan ini adalah Bapak Irjen. Pol. (Purn). Erwin Lumbantobing beserta Inang, Ny. L.M. Siahaan, serta tokoh-tokoh yang lain. Kiranya jemaat HKBP Slipi terus mewujudnyatakan kehadirannya menjadi berkat dalam kehidupan bersama. Selamat Jubileum!

(Pdt. Mangasa Lumbantobing)

 

Sumber : http://hkbp.or.id/jubileum-50-tahun-hkbp-slipi/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *