HKBP Ressort Kutabumi Membenahi Pelayanan terhadap Anak Sekolah Minggu

Tangerang, 3 Agustus 2013

Dalam arak-arakan Tahun Anak HKBP 2013, HKBP Ressort Kutabumi menunjukkan perhatian yang jelas dan tegas terhadap upaya pengembangan pelayanan terhadap anak-anak. Perhatian ini sangat nyata terlihat melalui kegiatan Malam Dana yang dilakukan Sabtu Malam (3 Agustus 2013). Dana yang terkumpul seutuhnya dipergunakan bagi pengadaan Prasarana Gedung Sekolah Minggu.

Pada pemaparan singkat, dikemukakan bahwa jumlah anak-anak yang dilayani di gereja ini terus bertambah. Pembagian horong (kelas) pun menjadi terkendala karena keterbatasan ruangan, sehingga memaksimalkan tempat parkiran sebagai ruangan kelas.

Ephorus HKBP, Pdt. Willem T.P. Simarmata, MA., sangat menyambut kegiatan malam dana ini dengan penuh sukacita. Hal ini menunjukkan kepedulian Ephorus terhadap pelayanan gereja terhadap anak-anak, khususnya pada Tahun Anak-anak HKBP. Menurut Ephorus, “Bukan jaminan bahwa HKBP tetap ada pada waktu yang akan datang. Karena itu, tugas gereja adalah melakukan pewarisan nilai-nilai kekristenan dan kultural kepada anak-anak.” Selain itu, Ephorus juga mengungkapkan: “Masa depan anak-anak juga bergantung pada metode orangtua mendidik anak-anak. Bahkan, persepsi atau pandangan orang Batak dalam mendidik anak perlu perbaharui – mungkin orang Batak perlu memperhatikan etos China dalam mendidik anak.” Lebih spesifik lagi, Ephorus menekankan Ulangan  6:7 sebagai landasan Firman Tuhan yang menjadi acuan bagi orangtua dalam mendidik anak-anaknya.

Ephorus, Ompung Boru, Praeses Banten dan Ketua Panitia dengan saksama mendengarkan lagu “Great Haleluya”yang dinyanyikan Koor Anak sekolah Minggu HKBP Kutabumi, HKBP Pasar Kemis dan HKBP Sukatani.

Acara malam dana yang diketuai oleh St. Ev. Dr. Ir. Frans Silalahi, D.Th. ini, diawali dengan gegap gempitanya lagu “Great Haleluya” yang dinyanyikan Koor Anak-anak Sekolah Minggu yang terdiri dari HKBP Kutabumi, HKBP Pasar Kemis dan HKBP Sukatani. Selepas menyanyikan lagu tersebut, Ephorus dan Ompung Boru menyalam dan berfoto bersama anak-anak. Menurut Pendeta HKBP Ressort Kutabumi, Pdt. Bernat Sitanggang, sebelum acara malam dana ini – sudah banyak kegiatan dilakukan yang melibatkan keikutsertaan anak-anak, misalnya: perlombaan Idol Sekolah Minggu.

Ephorus dan Ompung Boru berfoto bersama dengan Koor Anak Sekolah Minggu.

Selain dimeriahkan oleh artis-artis yang tidak asing lagi bagi kalangan orang Batak, malam dana ini juga dimeriahkan dengan suara emas dari Ephorus, Pdt. WTP Simarmata, Pdt. R.J. Hutagaol dan Praeses Banten, Pdt. Patar Soaduon Napituulu. Tidak tanggung-tanggung, sumbangan pertama untuk trio ini $ 5000 US, kemudian disusul dengan ratusan juta rupiah sebagai dukungan warga jemaat HKBP bagi pembangunan gedung sekolah Minggu HKBP Kutabumi, Tangerang. Selain itu, dasi Ephorus juga ikut dilelang. Pada kegiatan ini hadir juga pendeta-pendeta HKBP, baik dari distrik Banten maupun DKI. Tuhan memberkati HKBP, Tuhan memberkati anak-anak HKBP.

(Pdt. Mangasa Lumbantobing)

Sumber : http://hkbp.or.id/hkbp-ressort-kutabumi-membenahi-pelayanan-terhadap-anak-sekolah-minggu/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *