HKBP Masa Kini – Masa Depan

Salah satu tantangan pelayan gereja adalah SDM Pelayan Belum Memuaskan. Tingkat kepuasan anggota  jemaat terhadap pelayanan gereja masih di bawah tingkat harapan anggota jemaat m baik Pelayanan Sekolah Minggu, Remaja, Pemuda, Pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi. Menurut Penelitian Universitas HKBP Nommensen ada 4 Kemampuan yang diinginkan Jemaat terhadap Pelayan, yaitu: Kepemimpinan, Managemen, Komunikasi dan Teknologi. Demikian Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Mori Sihombing, MTh saat  menyampaikan materi diskusi “HKBP Masa Kini – Masa Depan” kepada para sintua/pelayan HKBP Pardamean Distrik X Medan Aceh (Minggu, 21/7/2013).

Sebanyak 32 orang pelayan HKBP Pardamean Medan mengikuti diskusi tersebut dintaranya Pendeta HKBP Ressort Pardamean Pdt Martin Manullang, STh, Pendeta Diperbantukan Pdt Kornel Sinaga, STh, Biv R. Tampubolon, Cal. Pdt Rosnila Sihombing, STh, dan 28 orang sintua. Suasana diskusi yang berlangsung selama 2 jam tersebut berjalan baik dan para peserta mengikuti dengan tekun dan antusias dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan pada diskusi tersebut. Sekjen HKBP juga menyampaikan agar seluruh pelayan di HKBP Pardamean yang hampir kebanyakan jemaatnya adalah mahasiswa untuk mengupgrating dan updating pelayanan secara bertahap dengan material: Strategic Planning Management & Leadership, Pastoral Counceling, Kotbah dan Public Speaker, Informasi dan Teknologi, Management Conflict.

Sekjend juga berpesan: “dengan kesadaran sebagai pengutusan Tuhan maka pelayan hendaknya  memiliki kesadaran bahwa tugas pelayanan adalah tugas spiritual. Oleh karena itu semua pergumulan dalam pelayanan sejatinya menjadi pergumulan rohani yang tidak perlu dialihkan menjadi perdebatan dan tarik-menarik kepentingan duniawi. Kita sadar bahwa ini tidak dapat dicapai  dengan kekuatan pribadi para pelayan. Namun dengan iman kepada kuat-kuasa Roh Tuhan dan bila kita semua bergandengan-tangan maka saya percaya kita akan disanggupkan melakukan pengutusan Tuhan agar HKBP sungguh-sungguh menjadi berkat bagi Tanah Batak, Indonesia dan seluruh dunia, dan menjadi kemuliaan bagi nama Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus.” (Dedi Pardosi/Tommy Sianturi)

Sumber : http://hkbp.or.id/hkbp-masa-kini-masa-depan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *