HKBP DAN PT. WIRA EKA BAKTI AKAN TERUS JALIN KERJASAMA LEBIH BAIK

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Diskusi Bersama Kepala Departemen Diakonia HKBP dengan Presiden Direktur PT. WIRA EKA BAKTI Dalam Rangka Pewujudnyataan “HKBP MENJADI BERKAT BAGI DUNIA”. Jakarta/Jumat, 8 Nopember 2013.

 

Rintik hujan di daerah ibu kota Jakarta pada Jumat sore / 8 Nopember 2013 menjadi bagian yang mewarnai proses perjalanan Kepala Departemen Diakonia HKBP menuju tempat pertemuan yang disepakati bersama dengan Presiden Direktur PT. WIRA EKA BAKTI yang berpusat di Jakarta.

 

Pertemuan yang dimulai pukul 15.30 Wib bertempat di gedung Excelso Plaza Indonesia berfokus kepada keinginan bersama untuk meningkatkan kerja sama yang telah dibangun selama ini dalam hal pengadaan mobil M-PLIK oleh PT. Wira Eka Bakti dengan HKBP. Dimana semenjak Pebruari 2013, HKBP melalui Departemen Diakonia telah melayani masyarakat melalui layanan internet ke desa-desa dari seluruh lintas kehidupan, lintas agama dan lintas masyarakat.

 

Departemen Diakonia HKBP yang selanjutnya memberi tanggung jawab kepada Kepala Biro Transformasi Sosial HKBP telah menerima 12 unit mobil internet (M-PLIK) untuk difungsikan di dalam pelayanan; masyarakat umum, sekolah-sekolah, warga jemaat dan sekitarnya. Ke-12 unit mobil internet ini telah di distribusiksn oleh Biro Transformasi Sosial HKBP ke daerah Pematang Siantar, Samosir, Tobasa, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Madina. Proses pelaksanaan, pengaktifan dan pemanfaatan mobil inilah yang menjadi bagian dari pembicaraan antar pimpinan tersebut, dengan tujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja M-PLIK ke masa yang akan datang, dan membangun hubungan kerja sama pelayanan yang concern kepada kehidupan masyarakat marginal, terkucilkan dan terpinggirkan.

 

Pertemuan yang difasilitasi oleh St. Henry Pieter Hutahean (General Manager PT. Wira Eka Bakti) dan Pdt. Henri Napitupulu, MTh (Biro Transformasi Sosial HKBP / Penanggung Jawab M-PLIK HKBP) berjalan di dalam suasana rileks dan penuh suka cita, secara khusus ketika Kepala Departemen Diakonia HKBP memaparkan perjalanan pelayanan M-PLIK yang dikelola HKBP. Dimana 12 unit M-PLIK yang telah disebar di daerah pelayanan HKBP (jemaat/ressort/distrik), sebagian besar berada di daerah Tapanuli. Sungguh, sangat membantu dan melengkapi kerinduan masyarakat pedesaan, yang selama ini belum mengetahui dan merasakan kegunaan internet, bahkan belum tahu mengoperasikan komputer untuk mendukung proses belajar mengajar anak-anak di sekolah. Karena, hampir seluruh anak-anak  di daerah M-PLIK berada saat ini, dulunya tidak mengerti dan mengetahui apa kegunaan internet, dan tidak mengetahui cara mengoperasikan komputer untuk selanjutnya mendapatkan akses internet, karena kebanyakan anak-anak di pedesaan tersebut belum pernah melihat komputer (laptop) secara langsung dihadapan mereka.

 

Di sela pemaparan pelayanan M-PLIK dari bapak Kepala Departemen Diakonia HKBP, ibu Catherin yang adalah President Direktur PT. Wira Eka Bakti dan juga sebagai owner M-PLIK tersebut merasa heran dan penuh rasa haru mendengar bahwa masih banyak daerah di Sumatera Utara, secara khusus daerah Tapanuli yang tidak memiliki dan mengerti mengoperasikan komputer, hingga mengakses internet di masa perkembangan kemajuan Ilmu Tekhnologi saat ini. Beliau mengungkapkan, kalau kenyataan tersebut sungguh menjadi sebuah ironi kehidupan terhadap berbagai kemajuan yang dipertontonkan/dipublikasikan dihadapan masyarakat umum. Selanjutnya, ibu Catherin merasa bangga mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Kepala Biro Transformasi Sosial, yang memaparkan berbagai kesaksian dari masyarakat umum setelah kehadiran pelayanan mobil internet tersebut. Paparan tersebut terlihat ketika tim transformasi sosial HKBP menyaksikan pengoperasian layanan internet di daerah Bahal Batu, dimana anak-anak usia dini hingga remaja/pemuda dengan penuh kesabaran menunggu daftar antrian untuk dapat mengoperasikan internet tersebut. Hampir setiap sore, para anak-anak dari segala usia memenuhi wilayah pargodungan Bahal Batu untuk mendapatkan akses internet, secara khusus di dalam menyelesaikan tugas dari sekolah. Sama halnya, dengan keberadaan atau kehadiran mobil internet di daerah seminarium Sipoholon Tarutung. Seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Guru Huria HKBP yang menimba ilmu di seminari ini, sungguh sangat terbantu dengan kehadiran mobil internet tersebut. Karena dengan keterbatasan buku di perpustakaan, mereka menghadapi masalah di dalam penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen. Sebelumnya, mereka harus berjalan kaki sekitar 3 KM untuk mendapatkan akses internet, padahal kehidupan asrama tidak memperkenankan mereka untuk tinggal lama di luar asrama. Hal tersebut menjadi hal yang sangat dilematis di dalam pengembangan ilmu dan karakter kehidupan mahasiswa. Dengan rasa haru dan penuh suka cita, mereka mensyukuri keberadaan mobil internet tersebut di areal seminarium tersebut. Dan dengan hati tulus dan penuh suka cita, mereka menghaturkan rasa terima kasih yang sangat dalam kepada pimpinan PT. WEB dan pimpinan HKBP atas kehadiran mobil internet tersebut di daerah seminarium Sipoholon.

 

Selanjutnya, Kepala Departemen Diakonia HKBP menginstruksikan kepada seluruh pengguna M-PLIK supaya tetap menjaga kerjasama yang baik ini, dengan mempergunakan dan lebih mengoptimalkan pelayanan melalui MPLIK tersebut. Melalui Kepala Biro Transformasi, beliau mengharapkan agar seluruh pelayanan M-PLIK segera dilaporkan setiap bulannya ke pusat layanan PT. WEB. Hal ini akan lebih membantu di dalam proses evaluasi dan rencana yang lebih baik ke masa yang akan datang. Sembari mengucapkan terima kasih kepada ibu Catherin, bapak Kepala Departemen Diakonia HKBP memberikan cendera mata sebagai tanda kasih HKBP kepada ibu Catherin dan bapak Henry Hutahaean.

 

Akhirnya, ibu Catherin mengungkapkan rasa terima kasih kepada pimpinan HKBP atas kerja sama yang telah dijalin ini, dengan harapan akan dilanjutkan ke masa yang akan datang, dan beliau memberikan pengharapan akan kerjasama yang lain demi pengembangan pelayanan masyarakat umum. Dalam ungkapannya, beliau mengharapkan supaya diadakan pertemuan lanjutan yang melibatkan pihak komunikasi dan informasi dari pemerintah. Harapannya, Semoga Pelayanan Diakonia HKBP semakin dirasakan di aras masyarakat, tanpa memandang suku, agama, status sosial, budaya dan pendidikan. Harapannya, Masyarakat umum dapat terlayani dengan program yang indah ini.

 

Para peserta diskusi :

Pihak HKBP :

Bapak Pdt. Drs. B.D.F. Sidabutar, STh, MM (Kepala Departemen Diakonia HKBP), Ny. Pdt. Drs. B.D.F. Sidabutar, STh, MM/ Br. Pardede, Pdt. Henri Napitupulu, MTh (Kepala Biro Transformasi Sosial HKBP). 

 

Pihak PT. Wira Eka Bakti :

Ibu Catherine (President Direktur / Owner PT. Wira Eka Bakti) dan Bapak St. Henry Pieter Hutahaean (General Manager PT. Wira Eka Bakti).                     

                                                                                                   Tim Transformasi

Sumber : http://hkbp.or.id/hkbp-dan-pt-wira-eka-bakti-akan-terus-jalin-kerjasama-lebih-baik/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *