Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar!

Di hadiri 19 ressort yang ada di Asahan Labuhan Batu, sekitar 500 anak sekolah minggu mengikuti acara jambore yang berlangsung dari tanggal 5-7 Juli 2013 di lapangan PTPN IV Pulu Raja. Acara jambore ini di buka dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Praeses Distrik XIII Asahan Labuhan Batu, Pdt. Robert Sontar Pandiangan. Selesai ibadah , berbagai acara dan sesi di berikan di acara jambore tersebut mulai dari saat teduh oleh anak sekolah minggu hingga sesi-sesi dari praeses serta malam keakraban. Lagu-lagu pujian dikumandangkan, Mazmur Daud dibacakan serta refleksi singkat tentang jambore anak dihadirkan dalam acara malam keakraban tersebut, sebelum diakhiri dengan penyalaan api unggun.

Acara puncak dalam jambore anak sekolah minggu ini, yakni ibadah yang dipimpin Kepala Departemen Koinonia. Dengan membawa bendera oleh perwakilan sekolah minggu dari 23 ressort yang ada di Distrik XIII Aslab, acara puncak terasa meriah, apalagi praeses, serta beberapa pelayan full timer turut mengikuti barisan prosesi tersebut.

“Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang”. Demikian nas ini mengantar ibadah punjak jambore Sekolah Minggu. Harapan dan seruan Paulus menunjukkan betapa pentingnya hidup orang Kristen dalam doa, kiranya melalui doa kita selalu mengimplementasikan hidup benar dalam Kristus. Apakah anak sekolah minggu memiliki Hp (Hand Phone)? Yang kita pakai untuk berkomunikasi dengan mama, bapak, kakak atau adek. Kalau tidak ada pulsanya, kita tidak bisa berkomunikasi lagi, bagaimana perasaannya? Tanya Kadep kepada anak sekolah minggu. Mereka menjawab, perasaannya galau. Demikianlah halnya ketika kita tidak dapat berkomunikasi dengan Tuhan Yesus melalui doa, perasaan kita tidak akan tenang. Dengan doa kita bisa berbicara dengan Tuhan, bisa menyampaikan keinginan kepada Tuhan, kita bisa mengadu kepada Tuhan. Pulsa doa adalah iman. Artinya, kalau kita tidak percaya kepada Tuhan Yesus berarti kita tidak bisa berkomunikasi baik dengan Tuhan, oleh karena itu mulailah dengan percaya melalui pengalamanmu yang selalu menerima berkat dari Tuhan yang memberikan kebutuhanmu melalui orangtuamu, itu adalah berkat Tuhan, bahwa ada kuasa Tuhan yang bekerja memberimu berkat melalui orangtuamu. Doa juga merupakan penyerahan diri kepada Tuhan. Sebab Tuhan memberikan jaminan yang pasti akan masa depan kita. Anak-anak sekolah minggu selalulah berdoa. Doakan hidupmu, doakan keluargamu, doakan kawan-kawanmu. Dan jangan hanya berdoa untuk dirimu sendiri, tetapi belajarlah untuk mendoakan orang lain. Demikian ungkap Kadep Koinonia dalam sebahagian kutipan khotbahnya dari Kolose 4:1-6 pada acara puncak perayaan Jambore Sekolah Minggu.

Cpdt.Melva & Cpdt.Andy

Sumber : http://hkbp.or.id/hendaklah-kata-katamu-senantiasa-penuh-kasih-jangan-hambar-2/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *