Festival Tortor Ina HKBP Se Distrik XI Toba Hasundutan Disambut Meriah oleh Jemaat dan Masyarakat

“Sungguh menghibur dan menarik,” itulah ungkapan salah satu penonton yang datang menyaksikan festival tortor ini. Festival ini sungguh menyita perhatian masyarakat sekitar HKBP Balige. Mereka berbondong-bondong datang menyaksikan festival yang diadakan oleh Distrik XI Toba Hasundutan.

Festival ini (26/10) diadakan dalam rangka Pesta HUT HKBP Distrik XI yang ke-59 dan sekaligus merayakan Tahun Anak-anak HKBP Distrik XI yang akan diadakan esok hari sebagai puncak acara.

Sebelum dimulai, acara dibuka pada pukul 14.30 WIB di dalam doa + nyanyian yang dibawakan oleh Pdt. Julson Pasaribu, STh (Ketua Panitia HUT ke-59 Distrik XI). Praeses Pdt. Midian KH Sirait, MTh memberikan pidato bimbingan pastoral dan arahan kepada para peserta. Praeses mengatakan kita di sini hadir hanya untuk memuji nama Tuhan. Mari kita menampilkan penampilan tortor ini didasarkan pada kemuliaan nama Tuhan. Kita sebagai gereja ingin menampilkan bahwa HKBP memuliakan Tuhan melalui adat dan budaya.

Ada enam kontingen (ressort) yang mengikuti festival (sesuai dengan nomor urut peserta), yaitu: HKBP Ressort Tampahan, Tampubolon, Balige, Balige II Hinalang Silalahi, Paindoan Pohan, dan Tambunan. Juri dalam festival ini ada tiga orang, yakni R. Silalahi, T. Sinurat, dan Desliana Manurung.

Festival ini usai pukul 18.48 WIB yang ditutup dengan nyanyian + doa oleh Pdt. Jonni Tambun, STh. Pengumuman juara langsung dilakukan setelah semua peserta menampilkan tortornya, dengan urutannya sebagai berikut: Harapan III diraih oleh HKBP Ress. Tampahan, Harapan II diraih oleh HKBP Ress. Tampubolon, Harapan I diraih oleh HKBP Ress. Balige II Hinalang Silalahi, Juara III diraih oleh HKBP Ress. Paindoan Pohan, Juara II diraih oleh HKBP Ress. Tambunan, Juara I diraih oleh HKBP Ress. Balige. Festival ini juga memperlombakan paminta gondang, dengan urutan juaranya sebagai berikut: Juara III diraih oleh HKBP Ress. Tambunan, Juara II diraih oleh HKBP Ress. Balige, Juara I diraih oleh HKBP Ress. Tampubolon.

Pada acara ini turut hadir: Praeses beserta istri, Pdt. Ronald Manalu, STh (Ress. Tampubolon) Pdt. Jonni Tambun, STh (Ress. Tambunan), Pdt. Darman Marpaung, STh (Ress. Tampahan), Pdt. Patar Hutagalung, STh (Ress. Hinalang Silalahi), Pdt. Yudi Siagian, STh, Gr. Hotler Sitompul, SPak, Biv. Marudut Sitanggang, CPdt. Rikordias Silaban, STh, CPdt. Merwaldt Philip Simanjuntak, STh, Cpdt. Martinus Panjaitan, M.Div (HKBP Meat Ress. Tampahan).

Sumber : http://hkbp.or.id/festival-tortor-ina-hkbp-se-distrik-xi-toba-hasundutan-disambut-meriah-oleh-jemaat-dan-masyarakat/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *