Ephorus Sambut Baik Rencana Pembuatan Film Nommensen

Pembuatan film perjalanan Pdt. Dr. I.L. Nommensen di Tanah Batak merupakan hal yang tidak ternilai bagi warga Kristen Batak dan karenanya didukung sepenuhnya oleh HKBP. Demikian Ephorus HKBP, Pdt. W.T.P. Simarmata, MA ketika menerima pengurus Nommensen World Mission  (NWM)  sebagai pembuat film tersebut. Pengurus yang diterima Ephorus terdiri dari S. Jasuha Simanjuntak, Robert Malau, dan Peris Tamba.

Dalam pertemuan itu, pihak NWM menerangkan bahwa film ini akan dibuat berdasarkan literatur yang tersedia di dalam dan luar negeri, serta konsep naskahnya akan dibaca sebanyak mungkin pihak termasuk HKBP, sebelum diangkat ke layar lebar. Pihak NWM sudah sampai pada tahap menghubungi produser kelas dunia yang kelak akan memproduksi film Nommensen ini. Demikian juga, mereka telah menghubungi distributor yang akan mendistribusikan film ini sampai ke luar negeri.

Ephorus menyarankan agar pihak NWM betul-betul mempersiapkan film tersebut dengan membaca juga buku tentang Raja Pontas yang ditulis Dr. J.R. Hutauruk, Prof. Jan S. Aritonang dan dr. Naek L. Tobing yang menurut rencana akan diterbitkan bulan Juli ini. Menurut Pdt. WTP Simarmata, peranan Raja Pontas Lumbantobing sangat signifikan dalam keberhasilan pelayanan Nommensen. Selama ini, peranan Raja Pontas jarang diangkat ke permukaan, padahal justru dialah yang menjadi penghubung antara Nommensen dengan tokoh-tokoh Batak zaman itu. Pada sisi lain, Ephorus juga mengingatkan agar NWM mencermati buku Uli Kozok yang bernada negatif dalam menilai Nommensen.

Robert Malau melaporkan juga bahwa berbagai pihak di Jerman sangat menyambut baik pembuatan film Nommensen ini karena selama ini Jerman selalu dihubungkan dengan tokoh Hitler yang sangat negatif dalam pandangan dunia. Dengan film Nommensen ini, citra Jerman diharapkan akan semakin baik karena ternyata ada tokoh Nommensen yang begitu mencerahkan kehidupan bangsa lain, yakni Bangso Batak.

Sebuah kesimpulan dari pertemuan ini adalah pihak NWM akan membuat sarasehan perihal Nommensen untuk mematangkan rencana pembuatan film ini. (Pdt. Thomson Sinaga/Pdt. Mangasa Lumbantobing)

Sumber : http://hkbp.or.id/ephorus-sambut-baik-rencana-pembuatan-film-nommensen/