Ephorus Menerima Kunjungan Ms. Dana Butcher dari ELCA

Pematangsiantar

Kerjasama antara Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan Evangelical Lutheran Church in America (ELCA) telah berlangsung sejak lama dan terus terpelihara dengan baik. Setelah kunjungan Franklin Ichida pada akhir tahun lalu, Ephorus kembali menerima kunjungan dari ELCA pada 1 Oktober 2013 yakni: Ms. Dana Butcher yang didampingi oleh Dr. Philip Baker. Pertemuan ini dilakukan di STT HKBP Pematangsiantar dan berlangsung dalam suasana penuh keakraban.

Ephorus berbincang dengan Ms. Dana Butcher yang didampingi oleh Dr. Philip Baker.

Pada pertemuan tersebut, Ms. Butcher banyak bertanya tentang berbagai program pelayanan yang dilakukan oleh HKBP. Butcher juga menyoroti tentang kerukunan hidup beragama di Indonesia dan apa yang telah dilakukan HKBP dalam upaya mewujudkan kerukunan. Bahkan, dalam upaya kemitraan, Butcher berharap ELCA dapat membantu program-program pelayanan distrik, khususnya HKBP Distrik V Sumatera Timur.

Ephorus memberikan ulos kepada Ms. Dana Butcher sebagai kenang-kenangan dari HKBP dan
menerima cendera mata dari ELCA.

 Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Ephorus menjelaskan visi HKBP untuk menjadi berkat bagi dunia melalui tiga pilar, Pembaharuan, Perdamaian dan Pemberdayaan. Ephorus juga memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan HKBP dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan membuat pusat pembibitan yang berada di Distrik Silindung. Lebih lanjut, Ephorus mengungkapkan bahwa HKBP sebagai gereja mulai beranjak dari receiver (penerima) menjadi giver (pemberi). “Tentu saja apa yang diberikan HKBP belum seberapa bila dibandingkan dengan pemberian gereja-gereja di Eropa, tetapi setidaknya HKBP mulai menunjukkan peran sertanya”, demikian ungkap Ephorus. Tidak hanya itu, Ephorus juga menjelaskan perhatian HKBP akan Global Mission  mengingat bahwa warga Batak sudah merantau ke seantero dunia dan mereka membawa gerejanya kemana pun mereka merantau. Dalam upaya peningkatan sumber daya para pelayan, Ephorus berharap agar buku-buku tentang Lutheran dapat diterjemahkan sehingga para pelayan mengetahui pokok-pokok pengajaran Lutheran; demikian juga dengan pemberian bantuan beasiswa dari ELCA terhadap pelayan yang akan melanjutkan studi pada jenjang berikutnya.

Dalam pertemuan ini, hadir juga Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur, Pdt. Victor Sihotang. Rencananya, Butcher akan melanjutkan lawatannya ke Kuala Lumpur pada 4 Oktober 2013. Setelah perbincangan tersebut, Butcher dan Baker dijamu makan siang oleh Ephorus dan Ketua STT HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing.(Pdt. Mangasa Lumbantobing)

Sumber : http://hkbp.or.id/ephorus-menerima-kunjungan-ms-dana-butcher-dari-elca/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *