EPHORUS HKBP : INI WAJAR DISEBUT BENCANA NASIONAL

Ompui Ephorus HKBP foto bersama dengan Kadep Koinonia, Kapolres Taput dan tim Tanggap Bencana sebelum berangkan menuju Kabanjahe

  • Kantor Pusat HKBP berikan bantuan sebesar 300 juta
  • HKBP tidak akan berhenti untuk terus memberikan bantuan

 

 

Kabanjahe, (19/01/2014)

Menyaksikan derita yang dialami warga yang mengalami musibah erupsi gunung Sinabung, Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA menyatakan bahwa, “Ini wajar disebut bencana Nasional….”, yang disambut tepuk tangan tanda setuju dari seluruh yang hadir. Ephorus HKBP menambahkan bahwa HKBP akan menyuarakan bahwa bencana ini menjadi bencana Nasional, harapan ini akan kita sampaikan, tutur Ephorus sambil melihat kearah anak-anak yang tengah duduk dengan beralaskan tikar.

Kehadiran Ompui Ephorus bersama dengan Ompungboru, Kepala Departemen Koinonia Pdt. Welman P. Tampubolon, Praeses DKI Pdt. Colan Pakpahan, MTh, Praeses Banten Pdt. Soaduon Napitupulu, M.Min dan staff dari kantor pusat HKBP, rombongan Tanggap Bencana Jakarta yang didukung oleh Distrik DKI, Banten dan Bekasi yang dipimpin oleh St. Baktiar Marbun, SH, MBA, Tanggap Bencana dari Sumatera Utara yang dipimpin oleh bapak Ir. R. Manalu, dan turut bersama-sama bapak Kapolres Taput AKBP Verdy Kalele bersama ibu, Wakapolres Paian Sihotang dan ibu serta personil polres Taput lainnya bersama para ibu-ibu Bayangkari yang berangkat dari Medan (19/01) beriringan tiba di Kabanjahe tepat pukul 14.00 Wib yang disambut hangat dan dengan rasa haru oleh 300-an warga yang berada disekitar kompleks Posko Bantuan GBKP. Barisan anak-anak tampak tertib, sementara para orangtua duduk di bawah tenda-tenda pengungsian, beberapa para ibu duduk sambil melanjutkan anyaman tikar dan tandok sebagai kerajinan mengisi waktu-waktu mereka yang kosong. Cuaca amat cerah, namun tiupan angin masih menerbangkan debu erupsi gunung Sinabung.

Kedatangan Ompui Ephorus beserta rombongan disambut hangat dan penuh bahagia

Saat Ephorus menyampaikan kata-kata penguatan kepada para korban erupsi gunung Sinabung

Para ibu dan bapak yang mengikuti acara penyerahan bantuan di bawah tenda-tenda pengungsian.

Ketua Diakonia GBKP Pdt. Agustinus Purba yang sekaligus pengelola posko bantuan GBKP dalam sambutan menyampaikan rasa bangga dan terimakasih menyambut kehadiran Ephorus HKBP, Kapolres Taput, Tabe dari Jakarta dan dari Medan serta seluruh rombongan. Menurutnya, kesempatan ini sangat berharga, karena yang datang adalah pimpinan gereja terbesar yang merupakan sahabat GBKP. Sejak bencana ini terjadi, ucap Pdt. Agustinus, “Kami akui bahwa HKBP sangat bijak dan terus menerus memberikan bantuannya, juga melalui Diakonia HKBP, bahkan beberapa minggu mobil HKBP ditempatkan disini untuk membantu. Ini merupakan harapan bagi kami sebagai pengelola posko untuk memberikan pelayanan kepada para korban bencana ini.

Saat menyampaikan kata-kata penguatan, Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA mengatakan bahwa hari ini gereja Huria Kristen Batak Protestan diutus Tuhan dan mendorong melakukan hal-hal yang boleh membantu sesama. Periode ini selalu kita kumandangkan untuk menjadi berkat bagi orang lain dengan apa yang boleh kita perbuat.

Para ibu mengikuti sambil mengerjakan anyaman tikar dan tandok

Anak-anak harus kehilangan moment terindah untuk bermain dan sekolah dengan baik saat erupsi gunung Sinabung melanda

Ompui Ephorus menyerahkan bantuan HKBP sebesar 300 juta rupiah

Ephorus menekankan, meskipun saat ini mengalami penderitaan akibat dari erupsi gunung Sinabung, tentunya kita tidak mengutuk Tuhan, tentunya kita tidak menyalahkan Tuhan, dan tentunya kita tidak menyalahkan ciptaan Tuhan, hendaknya kita tetap bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan kita walaupun kita harus meninggalkan ladang milik kita, rumah kita dan anak-anak kita tidak bisa sekolah dengan baik, anak-anak kita tidak bisa beristirahat dan bermain dengan baik. “Sebagai umat beragama dan sebagai warga gereja, saya mengajak kita semua untuk merenungkan sejenak dari Firman Tuhan dari I Tessalonika 5 : 17 – 18 Tetaplah berdoa, mengucap syukurlah dalam segala hal sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu, sebut Ephorus.

Ephorus menambahkan bahwa apapun yang terjadi dalam kehidupan ini, kiranya akan semakin mendekatkan kita kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Sesungguhnya Ia tidak jauh, Ia bukan tidak mempedulikan kita, bukan tidak mendengar doa kita, bahkan sebenarnya Ia amat dekat dengan kita. Saat ini Ia ada disini dan bersama-sama dengan kita, dan Ia sendirilah yang mendorong setiap orang untuk saling menopang, untuk saling mendoakan dan untuk saling ikut merasakan. Doa dan harapan kami, kiranya dengan kehadiran kami ini, ibu dan bapa sekalian tidak merasa sendirian, justru kiranya akan mendapat penghiburan dari Tuhan dan suatu saat kita akan menikmati kebahagiaan serta mendapat sesuatu yang indah. Maka marilah tetap bertekun di dalam doa, Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi umatNya, papar Ephorus menyejukkan.

Tim Tabe Jakarta & Tabe Medan yang selalu bersemangat untuk HKBP Peduli

Melupakan dan meringankan beban berat saat berjoget dan bernyanyi bersama dengan mereka-mereka yang sangat peduli dengan korban bencana erupsi gunung Sinabung

Kegembiraan itu, janganlah cepat berlalu

Kehadiran HKBP memberikan bantuan kepada Posko bantuan GBKP bukan ini yang pertama kali, melainkan sebelumnya Tanggap Bencana HKBP Jakarta telah dua kali menyampaikan bantuannya, lalu Tanggap Bencana HKBP Medan juga sudah dua kali memberikan bantuan, serta melalui Departemen Diakonia HKBP yang juga sudah beberapa kali. Ompui Ephorus HKBP menyerahkan bantuan Kantor Pusat HKBP sebesar 300 juta dan menyebutkan bahwa akan tetap menyampaikan bantuan-bantuan lainnya pada hari-hari berikutnya. Tanggap bencana Jakarta memberikan sumbangan 50 juta, kepolisian dari daerah DKI melalui Tabe Jakarta sebesar 50 juta, dari persembahan sebuah kebaktian di Jakarta sebesar Rp 2.629.000,- sumbangan spontanitas Pegawai PT. BTN Cab. Bekasi juga melalui Tabe Jakarta berupa sarung sebanyak 13 kodi. Tanggap Bencana Medan memberikan bantuan dana sebesar 5 juta rupiah dari keluarga Hutagalung Br. Hutabarat, dari keluarga Ir. R. Manalu sebesar 5 juta rupiah dan dari keluarga Sitorus Br. Hutagalung sebesar 5 juta rupiah. Keluarga besar Kapolres Tapanuli Utara menyerahkan bantuan berupa Sembako dan pakaian.

Mewakili para korban, Ibu Cikepen Br. Tarigan dengan derai air mata tanda haru menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga atas kedatangan Ephorus HKBP dan rombongan serta bantuan-bantuan yang sangat berharga tersebut. Memang kami merasakan beban yang berat, sebab kami tak memiliki apa-apa lagi. Kami juga disini entah berapa lama lagi kami tidak tahu ucap Ibu Cikepen sambil mengusap air matanya. “Teruslah berdoa untuk kami. Kami juga senantiasa akan terus berdoa untuk bapak dan ibu sekalian” sebutnya terbata-bata.

Ephorus kembali berpesan, bahwa dalam waktu dekat, bapak Presiden RI akan datang, maka marilah menyambut dengan hati damai, marilah juga menjaga nama baik kita, marilah berdoa supaya perkunjungan bapak Presiden RI diridhoi dan dilindungi Tuhan, dan selamat tiba disini dan selamat tiba kembali ke Jakarta. Kita berharap bahwa HKBP akan memohon supaya keadaan ini dapat menyuarakan menjadi bencana Nasional, harapan ini akan kita sampaikan, papar Ephorus.

Suasana kebersamaan yang penuh arti

Ompungboru H.L. Br. Purba tengah bermain dan bercanda dengan Muhammad Gurki salah seorang anak yang turut mengungsi

Foto bersama sebelum rombongan kembali pulang

cara penyerahan bantuan di Posko GBKP ini bertambah menarik saat Ompui Ephorus bersama anak-anak dan seluruh yang hadir bernyanyi dan berjoget bersama penuh kebersamaan. Sehingga tawa dan keceriaan menyatu mengurangi beban berat yang tengah dihadapi. Seakan keceriaan itu tak ingin hilang.

Saat hendak mengakhiri kunjungan, Ompui Ephorus menyampaikan bahwa berkaitan dengan tahun 2014 ini yang merupakan Tahun Remaja/Pemuda bagi HKBP, maka HKBP akan membiayai dan mengutus Pemuda-pemuda HKBP untuk turut berpartisipasi membantu para korban membersihkan lokasi pemukiman, yang disambut tepuk tangan dari para korban erupsi gunung Sinabung bersemangat. Tataplah semangat.

 

>> Biro Informasi HKBP

Sumber : http://hkbp.or.id/ephorus-hkbp-ini-wajar-disebut-bencana-nasional/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *