Ephorus HKBP: “Berdamailah Dengan Sesama Manusia Dan Alam”

Medan, 8 Desember 2013

Perayaan Natal HKBP Distrik X Medan Aceh yang diadakan di Gedung MICC Medan berlangsung dengan meriah dan dihadiri ribuan jemaat HKBP Distrik X Medan Aceh. Acara Natal dipimpin oleh Ompui Ephorus HKBP, Pdt. W.T.P. Simarmata, MA sebagai pengkhotbah dan Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt. Julasber Silaban, M.Th sebagai Liturgis.

Gambar Ompui Ephorus Pdt WTP Simarmata, MA saat menyampaikan Khotbah

Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA dalam khotbahnya mengambil nas khotbah dari Yesaya 9:5, “Datanglah Ya Raja Damai” merupakan pengharapan Mesianis yang disampaikan Nabi Yesaya di tengah keterpurukan pemerintahan Yehuda saat itu, Allah merupakan pengharapan karena Lambang Pemerintahan dunia ada di atas bahuNya,  Dia adalah kuasa di atas segala kuasa yang ada di dunia ini. Datanglalah ya Raja Damai mununjukkan sebuah konteks sosial yang membutuhkan damai. Dunia membutuhkan damai saat ini, media-media memberitakan bahwa banyak umat yang membutuhkan perdamaian, berdamai karena peperangan, berdamai dengan sesama manusia, berdamai dengan alam, dan semua umat menginginkan Damai Sejahtera dengan Allah.

Dari Kiri ke Kanan: Plt. Walikota Medan Drs. H. Dzulmi Edin M.Si.,Ompui Ephorus HKBP Pdt. WTP Simarmata, MA dan Ompungboru br. Purba

Dosa telah membuat damai itu hilang dari hati manusia. Tetapi Allah mau mengampuni dengan mengutus Yesus AnakNya memberi Damai Sejatera karena manusia itu sangat berharga dihadapan Dia. Namun manusia lebih senang dengan harta, jabatan, kekuasaan, materi. Padahal Damai Sejahtera yang diberikan Allah kepada setiap hati manusia adalah di atas segala yang ada di dunia ini. Nelson Mandela layak menjadi panutan dan dunia menginginkan lahirnya tokoh seperti dia karena memperjuangkan keadilan, yang tidak menginginkan perbedaan menjadi alasan perseteruan. Sekalipun dipenjara dan dibenci dia tetap memperjuangkan perdamaian atas diskriminasi. Damai itu tidak terpisahkan dengan keadilan.

Gambar Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata, MA bersama panortor anak Sekolah Minggu Distrik X Medan Aceh

Mengakhiri khotbahnya, Ephorus HKBP meminta agar jemaat dan secara khusus HKBP Distrik X Medan Aceh menjadi lokomotif, menjadi pemrakarsa saluran berkat bagi orang lain, menopang Distrik yang kecil, dan menjadi pembawa damai bagi sekitar, berdamai dengan sesama manusia dan berdamai dengan alam.

Penyalaan Lilin Natal. Dari Kiri ke Kanan: Praeses Distrik X Medan-Aceh Pdt. Julasber Silaban, M.Th., Ompui Ephorus HKBP Pdt. WTP. Simarmata, M.A., Ketua Panitia Natal Ny. Elisabeth Angkat br. Silaban

Usai Ibadah Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA memberikan bimbingan dan arahan bahwa HKBP kini menyongsong Tahun Pemuda 2014. Dalam mewujudkan damai, Pemuda HKBP akan mengadakan Kemah Pemuda Kebangsaan bersama NU dan Muhammadyah. Hal ini nantinya akan membentuk pemuda yang kelak meneruskan estafet perjalanan bangsa ini yang menjunjung tinggi Pancasila, menghormati dan mensyukuri perbedaan dan cinta damai.

Dalam acara ini turut juga hadir Plt. Walikota Medan Drs. H. Dzulmi Edin MSi serta memberikan kata sambutan yang mengapresiasi Perayaan Natal HKBP Distrik X Medan Aceh. Jemaat HKBP Dsitrik X Medan Aceh diharapkan turut berperan serta dalam mendukung pembangunan Kota Medan, serta turut menjaga perdamaian dan toleransi dengan sesama warga kota Medan.

Gambar Plt. Walikota Medan Drs. H. Dzulmi Edin MSi saat memberikan sambutan

Pada Acara ini Ny. Elisabeth Angkat br Silaban selaku Ketua Panitia acara natal ini menyampaikan bahwa dalam rangka acara natal ini Distrik X Medan Aceh telah melakukan kegiatan sosial dengan pembagian sembako di beberapa panti Asuhan, beberapa Huria di Distrik X Medan Aceh serta bantuan bencana bagi Korban Gunung Sinabung. Pada acara Natal ini juga menampilkan tortor anak-anak Sekolah Minggu HKBP Distrik X Medan Aceh dan juga fragmen singkat. (jmt)

Gambar Prosesi Sebelum Natal dimulai

Gambar Prosesi Acara Natal HKBP Distrik X Medan Aceh

Gambar Jemaat saat mengikuti Acara Natal HKBP Distrik X Medan Aceh

Gambar Tortor oleh Anak Sekolah Minggu Distrik X Medan Aceh

Sumber : http://hkbp.or.id/ephorus-hkbp-berdamailah-dengan-sesama-manusia-dan-alam/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply