Ephorus Doakan Warga yang Berbeban Berat

Batam, 22 Juni 2013. Suasana Sabtu sore, 22 Juni waktu itu, Gereja HKBP Sion Ress. Barelang dipadati ratusan warga HKBP Tiban Lama Ress. Batam dan HKBP Sion Ress. Barelang untuk menghadiri Kunjungan Pastoral Ephorus di kedua jemaat tersebut. Sesudah ibadah yang dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik XX Kepri, Pdt. David F. Sibuea, M.Th., D.Min., – Ompui Ephorus menyampaikan Bimbingan Pastoral yang intinya menyampaikan rasa bangganya bahwa kedua jemaat yang berdekatan ini (sebagai akibat konflik HKBP 1992-1998), dapat merajut perdamaian dengan membuat sebuah acara bersama menyambut Kunjungan Pastoral Ephorus tersebut. Peristiwa ini, menurut Ompui, sangat historis dalam sejarah HKBP. Oleh karena itu, Ephorus menyambut baik keinginan kedua jemaat ini untuk bergabung menjadi satu ressort baru yang menurut rencana akan diresmikan Mei 2014.

Yang paling menarik dari acara Kunjungan Pastoral ini adalah ketika Ompui Ephorus mendoakan warga kedua jemaat yang berbeban berat, pribadi demi pribadi. Warga jemat ini maju ke depan altar untuk didoakan secara langsung oleh Ompui Ephorus.

Doa pertama Ephorus dilayankan kepada lima keluarga yang memiliki anak kecil yang kurang sehat dan keterbelakangan mental. Sesudah itu, 41 keluarga yang merindukan kehadiran anak juga didoakan satu persatu. Demikian juga dengan boru ni huriai yang merindukan sirongkap ni tondi (pasangan hidup) didokan sebanyak 6 orang.

Ephorus HKBP mendoakan seorang anak yang mengalami keterbelakangan mental

Ephorus HKBP mendoakan seorang anak yang mengalami keterbelakangan mental

Acara doa ini berlangsung khusuk, khidmat dan sangat mengharukan sehingga banyak warga jemaat yang hadir menitikkan air mata tanda sukacita mereka atas Pelayanan Doa Pimpinan tertinggi HKBP tersebut. Menurut St. Ridwan Sinambela dari HKBP Tiban Lama, Pelayanan Doa Pastoral Ephorus ini sangat dirindukan oleh warga HKBP. Beliau juga mengatakan: “Apabila kegiatan seperti ini digalakkan, warga HKBP yang eksodus ke gereja lain dapat dicegah.”

Ephorus HKBP mendoakan keluarga yang merindukan kehadiran anak.

Ephorus HKBP mendoakan boru ni huria yang merindukan sirongkap ni tondi (pasangan hidup)

Semua rangkaian acara berlangsung dari pk. 17.00 – 21.30 WIB dan ditutup dengan acara makan bersama di gedung Sekolah Minggu HKBP Sion. Pelayanan Doa Pastoral Ephorus tersebut dirangkat dengan mangulosi warga yang berbeban berat itu sekaligus memberikan boras sipir ni tondi. Seorang ibu berkomentar, “On dope hea huida na songon on. Mansai las rohanami.” (Pdt. Thomson Sinaga/Pdt. Mangasa Lumbantobing)

Sumber : http://hkbp.or.id/ephorus-doakan-warga-yang-berbeban-berat/