Doa dan Bimbingan Ephorus kepada Keluarga (Alm) GM Panggabean

Bertempat di Ruang Ephorus Kantor Pusat HKBP, Ephorus menyambut kunjungan Istri dari Alm. GM Panggabean, yakni Ramlah br. Hutagalung, Chandra Panggabean berserta Istri, Rooslynda br. Marpaung, Jumat, 24/1. Bagi Chandra Panggabean yang memiliki hubungan baik dengan Pdt. WTP Simarmata, MA kunjungan ini biasanya selalu dilaksanakan sebagai kunjungan tahun baruan, namun kunjungan kali ini adalah kunjungan pertamanya semenjak ia bebas dari LP Tanjung Gusta akibat kasus Protap. Maka dari itu maksud kunjungan keluarga Panggabean ini sebagai kunjungan permintaan konseling (penguatan) dan doa kepadanya, khususnya kepada istri Chandra Panggabean, Rooslynda br. Marpaung yang menjadi Caleg.

Sembari meneteskan air mata, kerinduan Rooslynda br. Marpaung untuk bertemu dengan Ephorus akhirnya terwujud, mengingat perjuangan yang dilakukannya tidak pernah akan menuai kesuksesan jika tanpa di awali dengan doa. Hal ini juga diamini oleh Chandra Panggabean yang mengutip pernyataan Pdt. WTP SImarmata, MA seperti yang pernah didengarnya.  Dan sekali lagi Permohonan doa dari Ephorus diutarakannya. Demikian halnya dengan Ibunda Chandra Panggabean, Ramlah br.  Panggabean yang meminta doa serta mengucapkan rasa terimakasih atas sambutannya yang meriah di Kantor Pusat ini kepada Ephorus beserta para staff Kantor Pusat HKBP.

Ephorus HKBP yang disela-sela kesibukannya menyambut baik maksud kedatangan keluarga Panggabean, khususnya Ibu Ramlah br. Hutagalung. Bagi Ephorus, seperti umpasa, – jagar-jagar jambu tu palia molo nunga tor sae dijabu agia sadia –  (Alm) GM Panggabean tidak akan hebat jika tidak ada istri yang mendukungnya. Menurut Ephorus, Pdt. WTP Simarmata, MA kehebatan GM Panggabean adalah dengan membawa semangat penghargaan terhadap budaya Batak. Negara akan sukses jika budaya dijunjung. Dari beribu-ribu suku bangsa, budaya Batak termasuk yang memiliki filosfi yang tinggi. Filosofi Batak, seperti – warna merah, putih, hitam; Somba Marhulahula, elek marboru, manat mardongan tubu; hamoraon, hagabeon, hasangapon – akan membawa bangsa Batak menjadi tinggi (Red : Peradaban). Hal ini terlihat dengan menjadi Ketua Lembaga Sisingamangaraja XII. Yang kedua menurut Ephorus, GM Panggabean mempunyai sikap yang kritis terhadap segala hal, sehingga beliau banyak memperjuangkan banyak hal. Yang ketiga menurut Ephorus, GM Panggabean turut memperjuangkan Protap. Dalam hal ini secara khusus memuji Chandra Panggabean yang dinilainya tetap tegar dan tangguh walaupun menghadapi tantangan yang begitu besar di dalam memperjuangkan Protap dengan masuk ke LP Tanjung Gusta. Menurut Ephorus, perjuangan terhadap Protap harus terus dilanjutkan. RUU Protap yang telah dua kali ampres merupakan adalah keinginan Tuhan agar kita lebih bersemangat dan peduli kepada tanah Batak. Jika bukan kita siapa lagi. Kasus Sinabung yang diharapkan Ephorus menjadi bencana nasional justru tidak terjadi. Maka dari itu diperlukan kepedulian kita kepada tanah Batak. Semua tantangan dan rintangan bukan justru melemahkan, melainkan membuat kita semakin kuat, ujarnya. Beberapa Negara menurut Ephorus, seperti Tanzania, Dubai mengharapkan berdirinya Protap.

Pada kesempatan yang sama, Ephorus juga secara tegas mengungkapkan kepada Rooslynda br. Marpaung bahwa tugas politik huria adalah untuk warganya. Kami, HKBP, tidak pernah mengarahkan warganya untuk memilih calon legislatif, walaupun secara pribadi-pribadi sudah memiliki pilihannya. “Orang yang dipilih (Red: Caleg) harus dekat kepada konstituen, kecuali orang yang diangkat yang tidak perlu dekat dengan rakyat,” singgungnya. Maka dari itu secara tegas dan singkat Ephorus mengatakan kepada Rooslynda br. Marpaung: “selamat berjuang.” Tetesan air mata yang menghiasi wajah Rooslynda br. Marpaung juga membuat Ephorus memberikan bimbingan dan semangat dengan mengungkapkan bahwa pemimpin perempuan seperti mantan Presiden Filipina Corry juga pernah menangis dan dia telah sukses membawa Filipina ke demokrasi. Sebagai tanda rasa kasihnya maka Ephorus memberikan ulos kepada keluarga Panggabean.

Setelah pertemuan ini Keluarga Panggabean menyempatkan diri melihat galeri HKBP yang ditangani Biro Informasi HKBP. Foto-foto sejarah HKBP dipamerkan dalam galeri ini. Rencananya akan dibangun gedung Raja Pontas Lumbantobing sebagai gedung representatif HKBP di halaman Rumah Dinas Sekjen HKBP, paparnya kepada Chandra Panggabean. Hadir dalam pertemuan ini para Staf Kantor Pusat HKBP beserta rombongan dari keluarga Panggabean. —  Biro Informasi HKBP

Sumber : http://hkbp.or.id/doa-dan-bimbingan-ephorus-kepada-keluarga-alm-gm-panggabean/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *