Biro Zending HKBP Menyukseskan Pembinaan Mental-Spiritual Pada PA Sola Gratia SMA Sw. YP HKBP Jalan Gereja Pematangsiantar

Untuk pertama kalinya, SMA Sw YP HKBP Jalan Gereja mengikuti Pembinaan Mental-Spiritual PA yang diselenggarakan melalui kerjasama denga Biro Zending HKBP. Rangkaian acara yang dilaksanakan selama tiga hari (27-29 September 2013) berjalan dengan baik dan memuaskan. Bertempat di Rumah Doa Parhutaan Eben Ezer Pensiunan Bibelvrouw HKBP, Sinaksak Tapian Dolok.  Diawali dengan kegiatan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Cpdt. Erhan Nababan sebagai Liturgis dan Cpdt Victor Pasaribu sebagai pengkhotbah. Peserta dari pembinaan ini ialah para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PA (Penelaahan Alkitab) sebanyak 21 peserta siswi dan 8 peserta siswa dari bangku X-XII.

 

Sambutan yang hangat diberikan oleh Direktris Perkampungan Bibelvrouw, Biv. Siti L. Nainggolan. Di dalam kata sambutannya, beliau menjelaskan secara ringkas sejarah perkampungan ini dan menjelaskan apa-apa saja yang menjadi peraturan bersama selama berada di lingkungan perkampungan tersebut. Turut juga hadir Kabiro Zending HKBP, Pdt. C.O.R. Silaban, S.Th. Dalam bimbingan dan arahannya, beliau menekankan bahwa pembinaan ini hendaknya dapat bermanfaat bagi peserta yang nantinya akan menjadi pengurus PA, menjadi seorang pengurus yang tidak terbawa oleh arus globalisai tetapi sejalan dengan maksud Tuhan. “Mengapa pembinaan ini disebut “Preparing Advanture of Faith”? karena kita semua adalah pengembara Iman dan jika tidak ada yang mengembara, itu artinya kehidupan hanyalah sebuah formalitas”, demikian ucap Kabiro Zending. Melalui pembinaan ini, kiranya dapat mengenal lebih jauh akan tujuan dalam mengikut Tuhan dan tahun ini adalah cikal bakal untuk melakukan pelatihn PA di HKBP, menjadi perintis-perintis Remaja-Pemuda sesuai dengan tema tahun depan di HKBP.

            Sebagai tanda cinta akan kelestarian lingkungan, para peserta pembinaan juga melaksanakan penanaman pohon yang dipimpin oleh Johanes Manalu, STh di lingkungan perkampungan yang secara simbolis diwakilkan oleh Kabiro Zending dan Kepala Sekolah SMA Sw YP HKBP, Drs. J.L. Nainggolan. Pohon tersebut merupakan pohon jeruk nipis pertama yang ada di perkampungan dan merupakan lambang pelatihan pertama yang diadakan oleh Biro Zending kepada Sekolah HKBP.

Di dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Sekolah SMA Sw YP HKBP, Drs. J.L. Nainggolan bahwa pelatihan ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan dan bimbingan dari Kabiro Zending, Yayasan dan BPP HKBP. Hal ini seperti mujizat karena banyak yang tidak yakin sekolah ini dapat ikut serta dalam pelaksanaan pembinaan ini, ucap Kepala Sekolah yang telah mengabdi selama 1 tahun 6 bulan. Bagaikan gayung yang bersambut antara pihak sekolah dengan Biro Zending. Hal senada juga diutarakan oleh Marihot Simanjuntak, BA selaku Guru Agama Kristen sekaligus Pembantu Kepala Sekolah (PKS) bagian Kesiswaan yang telah mengabdi selama 20 tahu di sekolah tersebut . Beliau mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan diluar lingkungan sekolah.

Selain tujuan yang telah diungkapkan diatas, tujuan dari kegiatan pembinaan ini ialah untuk melatih kemandirian dan hidup sederhana oleh siswa. Hal ini terlihat melalui kegiatan mencuci piring masing-masing dan membawa bahan mentah untuk diolah selama tiga hari. Tampak wajah yang ceria pada siswa/i yang mengikuti sesi demi sesi dalam pelatihan. Turut juga hadir Diak. D. Hutabarat yang mewakili BPP HKBP.  (elisabeth)

Sumber : http://hkbp.or.id/biro-zending-hkbp-menyukseskan-pembinaan-mental-spiritual-pada-pa-sola-gratia-sma-sw-yp-hkbp-jalan-gereja-pematangsiantar/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *