ACARA PUNCAK TAHUN ANAK-ANAK HKBP PENUH KEBAHAGIAAN

Normal
0

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

12.000-an anak-anak Sekolah Minggu HKBP memadati halaman gereja HKBP Dr. I.L. Nommensen dengan luapan kegembiraan yang tiada tara. Betapa mereka menikmati suasana “Pesta Puncak Perayaan Tahun Anak-anak HKBP”.  Anak-anak Sekolah Minggu yang berdatangan dari berbagai gereja-gereja HKBP yang tersebar diseluruh dunia berkumpul dan bergembira, bertemu dengan saudara-saudara mereka yang lain penuh keakraban. Sukacita yang besar terpancar dari wajah-wajah anak-anak sekolah Minggu seakan bercerita tak ingin tahun anak-anak HKBP segera berlalu.

Tahun 2013 bagi HKBP merupakan Tahun Anak-anak HKBP. Selama satu tahun berbagai rangkaian acara dilaksanakan di 28 distrik HKBP yang tersebar di seluruh dunia. Minggu 1 Desember 2013 HKBP Dr. I.L. Nommensen Sigumpar kembali menjadi saksi sejarah atas peringatan perayaan Tahun Anak-anak HKBP se-Dunia. Di tempat ini pulalah Puncak Perayaan Tahun Anak-anak HKBP 2013 berlangsung.

Pesta puncak perayaan ini, dimulai dengan rangkaian prosesi dari SMA DEL Laguboti menuju HKBP Sigumpar. Saat sebelum prosesi bergerak menuju HKBP Dr. I.L. Nommensen, ditandai dengan penanaman pohon oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA, Bishop dari gereja Indiana Kentucky Synod (ELCA) Rev. Dr. William Gafkjen dan mewakili seorang anak-anak Sekolah Minggu perwakilan dari Distrik XXVIII DKI Jakarta Raya. Iringan prosesi diawali oleh barisan Marching Band SD HKBP No. 1 Balige, kemudian barisan Ompui Ephorus, Rev. Willliam Gafkjen, Kadep. Koinonia Pdt. Welman P. Tampubolon, Sekretaris Jenderal Pdt. Mori A.P. Sihombing, MTh, Praeses Distrik IV Toba Pdt. Robert Silaban, MTh, Kadep. Marturia Pdt. Marolop P. Sinaga, MTh, Kadep. Diakonia Pdt. Drs. Bihelman D.F. Sidabutar, STh, MM, Rev. Bimen Limbong, para Pendeta HKBP, panitia dan beberapa undangan serta barisan anak-anak Sekolah Minggu. Sepanjang jalan tampak sambutan-sambutan warga sekitar kepada iring-iringan prosesi.

Setibanya di gerbang gereja HKBP Dr. I.L. Nommensen, rombongan prosesi disambut dengan tor-tor penyambutan oleh naposobulung HKBP dan beberapa meter kemudian rombongan disambut ribuan anak-anak Sekolah Minggu dan jemaat yang berada di sisi kiri dan kanan jalan. Pengalungan bunga disampaikan kepada Ompui Ephorus dan Bishop Rev. William dan para Bupati, lalu diikuti dengan pemberian bunga pangku dan pengalungan selempang. Sebelum acara ibadah dimulai, penanaman pohon di halaman gereja dilakukan secara simbolis. Juga dilakukan penandatanganan prasasti tahun anak-anak oleh Ompui Ephorus dan Bishop William.

Ibadah Pesta perayaan yang di bawah terang tema : “HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia” (Kej.12: 2) dan subtema : “Melalui Perayaan Tahun Anak-anak HKBP, Hari ini juga Mari Berdamai dengan Alam” dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Welman P. Tampubolon, S.Th., sebagai Liturgis, Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt. Marolop P. Sinaga, M.Th., sebagai pendoa syafaat, Rev. William Gafkjen sebagai pengkhotbah (khotbah Rev. William Gafkjen dapat disaksikan di HKBP TV dan berita tersendiri) dan Pdt. Benny Sinaga, M.Th. sebagai penerjemah. Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, M.A. menutup ibadah dengan memberikan berkat kepada jemaat yang hadir.

Hadir dalam perayaan puncak tahun anak-anak undangan luar negeri Mr. Terry Michael dan ibu dari ELCA, Bupati Tobasa Bapak Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta ibu, Bupati Kab. Samosir Ir. Mangindar Simbolon, MM dan ibu, Bupati Tapteng Bapak Raja Bonaran Situmeang, S.H., M.Hum beserta ibu dan rombongan pemkab. Tapteng, Kapolres Tobasa AKBP M. Edi Fariadi, Ketua DPRD Tobasa Ir. Sahat Panjaitan, Ir. Darwin Siagian dan ibu, St. H.W. Hutahaean dan ibu, Monanng Sitorus dan ibu serta tamu-tamu lainnya.

Ibadah yang berjalan dengan penuh hikmat ditandai dengan tortor anak-anak sekolah minggu, puisi, panggung boneka oleh mahasiswi STTBibelvrouw HKBP yang mengundang senyum dan tawa dari seluruh anak-anak Sekolah Minggu yang hadir. Saat panggung boneka sedang berlangsung, Bishop William ingin menyaksikan dari depan, lalu bersama Ephorus dan Sekretaris Jenderal turun dari pentas lalu jongkok bersama anak-anak Sekolah Minggu lainnya. Anak-anak Sekolah Minggu tersenyum menyaksikan dikala pimpinan Gereja mereka turut jongkok bersama mereka.

Luapan kegembiraan anak-anak Sekolah Minggu yang hadir mencapai 12.000 ini menampilkan banyak kreasi dan unjuk kebolehan anak-anak Sekolah Minggu HKBP yang terus meningkat setiap tahunnya. Kreasi nyanyian dan tarian anak Sekolah Minggu Tapanuli Tengah yang langsung dipimpin oleh bapak Bupati Raja Bonaran Situmeang dan ibu serta didampingi Staff pemkab Tapteng mampu memukau hadirin denagan turut juga menirukan gerakan-gerakan anak-anak sekolah Minggu yang enerjik tersebut. Sementara penampilan anak-anak Sekolah Minggu Distrik XXVIII DKI Jakarta Raya yang berjumlah 9 orang, membawakan lagu dengan suara indahnya dan bahkan mampu dilelang 20 juta oleh para tamu yang hadir.

Ompui Ephorus dalam kata bimbingannya menyampaikan rasa sukacita yang amat dalam atas berlangsungnya pesta puncak perayaan tahun anak-anak HKBP ini. Kehadiran anak-anak Sekolah Minggu yang begitu besar jumlahnya menandakan bahwa perkembangan anak-anak Sekolah Minggu begitu pesat. “Marilah memberikan perhatian penuh kepada anak-anak Sekolah Minggu kita, merekalah kelak menjadi para pemimpin dan generasi HKBP” ajak Ephorus penuh simpati (Kata bimbingan Ompui dapat disaksikan di HKBP TV dan berita tersendiri).

Setelah usai acara pemberian ulos dan juga pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang telah diadakan menyambut Pesta puncak perayaan tahun anak-anak HKBP 2013, kemudian acara ditutup dengan doa oleh Praeses Distrik IV. Toba. Seluruh rangkaian acara berlangsung penuh kegembiraan. Selamat tahun anak-anak HKBP 2013.

Biro Informasi HKBP

Sumber : http://hkbp.or.id/acara-puncak-tahun-anak-anak-hkbp-penuh-kebahagiaan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *