50 tahun HKBP Ressort Pabrik Tenun Medan

Di bawah tema “Masihaholongan ma Hamu” yang diambil dari Injil Yohanes 5:12 pada Minggu VIII Dung Trinitatis, HKBP Ressort Pabrik Tenun, Distrik X Medan Aceh, merayakan Pesta Jubileum 50 Tahun. Gereja yang melakukan Mameakhon Batu Ojahan pada 05 Mei 1968 – yang dipimpin oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. T.S. Sihombing – ini memiliki sejarahnya tersendiri menyangkut beberapa polemik, yang sempat terjadi di tubuh HKBP. Namun, di bawah payung besar tema ini, gereja yang sebenarnya pada tanggal 14 Juli 2013 berumur 50 tahun ini bersama-sama menanamkan nilai-nilai kasih demi menjunjung tinggi visi dan misi mereka, yang ‘menenun/manonun’ atau ‘mempersatukan’ kembali warga jemaat.

Selain itu, Pesta Jubileum 50 tahun ini juga sebagai pengingat kepada seluruh warga jemaat bahwasanya memasuki usia ke-50 tahun berarti tanggung jawab gereja semakin besar demi pertumbuhan dan perkembangan gereja di 50 tahun lagi ke depannya. Artinya, Anak-anak Sekolah Minggu sudah harus dididik sejak dini untuk mencintai HKBP baik dari luar maupun dari dalam dengan memiliki moral dan spiritualitas kristiani yang baik, yang menerapkan nilai-nilai kasih di antara mereka. Hal senada juga ditegaskan oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, M.A pada kesempatan menyampaikan kata-kata bimbingan : “Mari kita memerhatikan anak-anak karena Jubileum ke depan yang ke-100 adalah milik mereka. Kita harus mempersiapkan mereka untuk mengarungi  kehidupan bergerejawi kita, sehingga mereka bisa seperti anak panah yang bisa dikirim sejauh mungkin untuk melejit demi kemajuan gereja kita ini bersama. Oleh karena tahun ini adalah tahun anak-anak, mari kita memberi mereka pelajaran moral dan spiritualitas agar mereka bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang baik. Peran bapak dan ibu sangat besar untuk mendidik anak-anak dalam nama Tuhan, untuk menghormati bangsa dan negara yang majemuk ini.

Satu hal yang sangat istimewa dari HKBP Pabrik Tenun adalah, HKBP Pabrik Tenun benar-benar menjadi berkat bagi seluruh umat, termasuk agama lain. Hal ini terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan HKBP Pabrik Tenun sebelum merayakan hari Ulang Tahun gereja tersebut. Pada bulan Desember tahun lalu HKBP Pabrik Tenun telah melakukan pengobatan gratis dan memberi bantuan kaki tangan palsu, pada tanggal 14 Juli 2013 melakukan pasar murah dan memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi, dan pada tanggal 16 juli 2013 mengadakan operasi gratis bibir sumbing kepada 35 orang. Hal ini dilakukan secara terbuka kepada masyarakat umum tanpa membeda-bedakan suku dan agama. Gereja HKBP Pabrik Tenun berdiri di atas tanah yang berukuran 18 x 25m yang disumbangkan oleh keluarga K. Sihombing/Br.Nababan. Dulunya gereja ini adalah gedung sekolah minggu, dimana guru sekolah minggu yang pertama pada saat itu adalah Togianna Br.Sihombing, Rena Tiurma Br.Sibarani dan Sonti Br.Silalahi. Namun karena jiwa seluruh jemaat yang penuh semangat tinggi untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan maka gereja ini dikembangkan menjadi parmingguon namagodang dan menjadi pagaran dari HKBP Sudirman serta melakukan ibadah minggu yang pertama pada 14 Juli 1962 dan yang berkhotbah pada saat itu adalah Pdt. Hercules Marbun yang diberikan tugas melalui SK Distrik dan guru jemaat pertama pada saat itu St.Welsink Panjaitan.

Pada perayaan pesta Jubileum yang diketuai oleh Ir. Jusman Sinurat ini selain dihadiri oleh Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh Pdt. Julasber G. Silaban, M.Th beserta inang praeses dan para pelayan HKBP yang pernah melayani di gereja ini,  juga turut hadir pelaksana tugas (plt) Walikota Medan Drs. H. Dzulmin Eldin beserta rombongan dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjend. Burhanudin Siagian beserta rombongan juga Kapolres Langkat AKBP Musa Tampubolon, SH, SIK, MSi. Hal ini menandakan perayaan pesta jubileum ini merupakan momen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana gereja juga harus mengingat tugasnya sebagai salah satu wadah yang berperan penting demi menjaga persatuan dan kesatuan nasional melalui pendidikan moral dan spiritualitas yang baik, yang turut menjaga keutuhan NKRI. (bin2,danielM,mangasa,jona)

Sumber : http://hkbp.or.id/50-tahun-hkbp-ressort-pabrik-tenun-medan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *