18 ORANG GURU HURIA, 5 ORANG BIBELVROUW & 8 ORANG DIAKONES MENERIMA TAHBISAN

Binjai, (28/07/2013)

Sebanyak 31 orang pelayan baru HKBP yang menerima tahbisan yang disampaikan oleh Ompui Ephorus Pdt. W.T.P. Simarmata, MA di Gereja HKBP Binjai Ressort Binjai Distrik XXIII Langkat pada ibadah Minggu IX Dung Trinitatis. Ibadah pentahbisan yang mengambil tema “Gabe Parholong Tu Angka Jolma” diikuti dan disaksikan oleh 2200 jemaat HKBP terhadap 18 orang Guru Huria, 5 orang Bibelvrouw dan 8 orang Diakones yang menerima tahbisan.

 

Iringan Prosesi berangkat dari rumah kediaman keluarga H.M. Sitohang/dr. Br. Marpaung, MARS kurang lebih 300 meter dari lokasi Gereja HKBP Binjai. Iringan prosesi terdiri dari Ompui Ephorus HKBP Pdt. W.T.P. Simarmata, MA dan Ompungboru, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Mori A.P. Sihombing, MTh bersama Istri, Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Welman P. Tampubolon bersama Istri, Pangdam I Bukit Barisan Mayjend. Burhanuddin Siagian, Kapolres Langkat AKBP Musa Tampubolon, SH, SIK, MSi, Praeses Pdt. Togar Hasugian, STh, Praeses Pdt. Tendens Simanjuntak, STh, Praeses Pdt. Robert Pandiangan, Praeses Pdt. Rich janson Simamora, STh, MM, Praeses Pdt. Julasber Silaban, MTh, hadir juga Ketua STT-HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ir. Washington Pane, MSc, para Kepala Biro, para Pendeta, Parhalado HKBP Binjai dan seluruh calon tahbisan.

Setibanya di depan gerbang gereja HKBP Binjai, rombongan prosesi disambut barisan remaja HKBP Binjai bersama parhalado dan Jemaat. Pengalungan bunga oleh remaja HKBP Binjai disampaikan kepada Ompui Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia dan Bapak Pangdam I BB. Pemberian bunga pangku disampaikan masing-masing kepada Ompungboru, Inang Sekretaris Jenderal dan Inang Kadep Koinonia.

Liturgis dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Mori A.P. Sihombing, MTh, doa Syafaat oleh Ketua STT-HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dan Khotbah oleh Ompui Ephorus HKBP. Dalam Khotbah Ompui Ephorus yang diambil dari Injil Lukas 10 : 25 – 37, menjelaskan bahwa Orang Samaria merupakan orang yang dianggap tidak berguna, tetapi ternyata justru amat berguna. Dianggap tidak ada status sosial ternyata justru lebih menghargai kehidupan, menghargai ciptaan Tuhan yang lain. Ephorus juga menjelaskan bahwa Titah menyebutkan Kasihilah sesamamu, tetapi Tuhan Yesus menambahkan Kasihilah musuhmu. Kasih (holong ni roha) memiliki pengertian yang lebih dalam. Tuhan Yesus mengajarkan perlu sikap, hidup, pola pikir dan pola hidup baru, memancarkan kasih, pembaharuan perilaku, pembaharuan cara pandang baru. Ephorus menyebutkan bahwa ini bukan soal kelompok, tetapi soal orang lain, yang tidak dikenal, bahkan orang Samaria ini rugi mengeluarkan biaya, yang mereka lihat adalah korban yang perlu ditolong, dikenal atau tidak dikenal. Sementara Malim yang tahu teologi tetapi justru tidak melakukannya. Levi sebagai pegawai yang tahu hukum, tahu undang-undang tetapi tidak melakukannya. Orang Samaria dianggap tidak bermartabat, ternyata dia yang membantu, dia yang mengasihi orang lain. Tuhan Yesus lebih dari itu. Ia mengobati luka dan memberikan penyembuhan melalui penderitaanNya. Ephorus berpesan kepada para tahbisan “Berangkatlah engkau, lakukanlah yang sudah engkau pelajari dan kasihilah semua umat. Jagalah kesucian tohonan itu di jaman yang penuh kecaman ini. Berangkatlah, banyak yang menantikan bantuan dan pertolonganmu, “parangehon ma holong ni roha ni Debata. Yang kita kasihi bukan hanya orang-orang HKBP atau orang Batak tetapi juga orang lain. Hendaklah mengasihi perbedaan atau kemajemukan itu,” ucap Ephorus mengakhiri Khotbahnya.

Usai pentahbisan, kata sambutan mewakili para Guru Huria Gr. Bonar Sinaga menyampaikan rasa syukur atas berjalannya acara pentahbisan dengan sangat baik. Gr. Bonar menyampaikan selamat datang kepada 18 orang Guru Huria, 5 orang Bibelvrouw dan 8 orang Diakones yang baru di HKBP, dan menurutnya saat ini jumlah Guru Huria di HKBP telah menjadi 361 orang. Setiap saat Guru Huria siap untuk diberdayakan sehingga lebih siap untuk melayani. Sementara mewakili para Praeses, Pdt. Tendens Simanjuntak, STh (Praeses Distrik XIV Tebing Tinggi Deli) menyampaikan sambutan selamat datang dan selamat melayani di HKBP kepada seluruh pelayan yang baru menerima tahbisan, kiranya dapat terus menerus meningkatkan pelayanannya untuk lebih baik dan berkualitas. Pdt. Tendens berharap kiranya “lam marsangap goar ni Debata jala lam marsaringar hata  ni Debata”.

Gr. Armo Josua Simamora mewakili pelayan yang baru menerima tahbisan, memohon kiranya seluruh jemaat mau mendoakan mereka dalam tugas pelayanan. Menurutnya, jika tidak ada dukungan doa dari seluruh jemaat maka pelayanan mereka tidaklah lebih baik. Gr. Armo mengatakan bahwa tentulah mereka masih banyak kekurangan disana-sini, tetapi berkat dukungan dan doa seluruh umat Tuhan mereka akan dimampukan. Ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Gereja HKBP Binjai dan juga khusus untuk Distrik XXIII Langkat.

 

Mewakili Pimpinan HKBP, Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Welman P. Tampubolon menyampaikan selamat datang dalam pelayanan di HKBP. Kiranya semakin bertumbuh dan membangkitkan pelayanan HKBP untuk lebih baik lagi. Pesan Pdt. Welman, bahwa Tohonan itu berbeda dari jabatan dan profesi yang lain. Marilah kita bersama-sama menjadi surat Kristus di tengah-tengah jemaat dan negara, ajaknya. Pdt. Welman juga mewakili pimpinan HKBP tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pendeta Ressort, parhalado dan jemaat HKBP Binjai dan juga kepada Praeses Diastrik XXIII Langkat yang telah memberikan sambutan dan dukungan yang luarbiasa sehingga acara pentahbisan berjalan dengan sukses.

 

Usai ibadah, diadakan foto bersama dan dilanjutkan acara ramah tamah dan makan siang bersama di Gedung Sopo Godang HKBP Binjai. Praeses HKBP Distrik XXIII Langkat juga menyerahkan secara simbolik bantuan biaya transportasi kepada seluruh pelayan yang baru menerima tahbisan dimana hari sebelumnya telah memberikan pula sumbangan cindera mata berupa tas. Acara ramah tamah ditutup dengan doa oleh Sekretaris Jenderal HKBP. Hal yang khusus dan menarik juga adalah seluruh pelayan yang baru ditahbiskan langsung menerima SK baru mereka usai acara ramah tamah berakhir. Tentunya hal ini merupakan kemajuan di dalam kepersonaliaan HKBP yang sangat berbeda dibandingkan dengan tahbisan diwaktu-waktu sebelumnya.

Acara tahbisan ini juga disiarkan langsung oleh radio HKBP Bonapasogit FM Tarutung yang dapat diikuti seluruh pendengar di seluruh dunia melalui live streaming internet. HKBP terus memantapkan pelayanannya. Selamat menerima tahbisan dan selamat melayani. (bin2)

Nama-nama Pelayan Menerima Tahbisan 2013

A. Guru Huria

N0

Nama

1

Armo Josua Simamora

2

Boyke Marganda Pardede

3

Daniel Fransiscus Pakpahan

4

Danny Edi Broven Simanjuntak

5

Edon Martahan Simatupang

6

Ferry Tambunan

7

Jefri Chandra Samosir

8

Jefri Riko Trisno Situmeang

9

Jekson Andriyanto Tampubolon

10

Jeremia Aritonang

11

Jimmy Prando Tampubolon

12

Josua Uli Sitorus

13

Mangatur J Siahaan

14

Marselius Manalu

15

Patiar Nainggolan

16

Rahmat Abadi Siahaan

17

Roganda Sipahutar

18

Rommel Sinaga


B. Bibelvrow

No

Nama

1

Febri Herawati Hutauruk

2

Jusni Kusendang Manalu

3

Nurcahaya Lamria Sinaga

4

Paska Maria M. Situmorang

5

Renova Rouli Siagian


C. Diakones

 

No

Nama

1

Berliani Hasugian

2

Fanni Debora Sihombing

3

Henny Latina Nainggolan

4

Lenti Nurhaida Pangaribuan

5

MaritoSiregar

6

Nova Yanti Yolanda Purba

7

Tenni Mei Tumanggor

8

Yusrida Harahap

Sumber : http://hkbp.or.id/18-orang-guru-huria-5-orang-bibelvrouw-8-orang-diakones-menerima-tahbisan/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *